Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Amalan Sunnah Yang Istimewah Di Hari Jumat Menurut Syekh Ali Jaber

 

Amalan Jumat

Amalan adalah segala sesuatu yang kita lakukan baik dalam bentuk fisik maupun non fisik yang bernilai ibadah dan dilakukan dengan Ikhlas semata mata karena Allah SWT. Amalan bisa berupa, ucapan hati, ucapan mulut ataupun perbuatan. 

Ada Tiga Jenis Amalan Yang Perlu Kita Ketahui Sebagai Seorang Muslim

Beramal Jariyah

Amal Jariyah merupakan segala sesuatu yang kita buat yang bemanfaat bagi orang banyak tanpa putus  untuk  makhluk Allah SWT dengan tanpa batas dan dilakukan semata mata karena Allah SWT. 

Misalkan, Menyedekahkan benda yang bisa digunakan tanpa batas, membantu kebutuhan tepat Ibadah, Membangun tempat Ibadah ( Mesjid) sehingga bisa digunakan ummat Islam beribadah membuat  jalan yang bisa dilalui oleh banyak orang, Membuat sumur umum, dan lain sebagainya.

Dari Abu Hurairah Menjelaskan  Bahwasanya Rasulullah SAW Bersabda yang artinya ”Apabila anak Adam ( Manusia) meninggal dunia maka putuslah semua amal perbuatannya kecuali tiga hal perbuatan yaitu Sedekah Jariyah, Ilmu yang Bermanfaat, Anak soleh yang mendoakannya. 

Amal Ibadah

Amal Ibadah merupakan segala sesuatu yang kita lakukan yang berupa Ibadah kepada Allah dan dilakukan semata mata karna Allah SWT.

Amal Ibadah juga merupakan tanda syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita,  

Contoh amal Ibadah dalam kehidupan sehari- hari adalah Menjawab Azan, Mengucapkan Doa Setelah Azan, Membaca Alfatiha dan Ayat Kursi setelah Shalat, Berzikir, Membesuk orang sakit, membaca Basmalah setiap kali melakukan sesuatu

Sebagaimana Sabdah Rasulullah SAW yang artinya “ Setiap amalan yang terdapat kepentingan didalamnya jika tidak dimulai dengan Menyebut Nama Allah maka putuslah Keberkahaanya (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

Amal Soleh

Amal Soleh merupakan segala sesuatu yang kita lakukan karena sudah ketentuan dari Allah SWT Seperti, Bertakwa kepada Allah SWT maksudnya Menjalankan segala perintah-Nya dan Menjauhi segala larangan-Nya, Patuh Kepada Orang Tua, Hormat terhadap yang lebih Tua.

Sebagaimana Firman Allah (QS Al Israa 23) yang artinya

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik baiknya. Jika salah seorang diantara keduanya atau kedua duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali kali janganlah kamu mengatakan peda keduanya "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia (QS. Al -Israa 23)

Dengan kutipan ayat diatas sudah sangat jelas bahwa Amalan yang patut   kita lakukan yaitu memuliakan kedua orang tua kita sampai akhir hayat kita. 

Setelah kita bahas mengenai apakah itu amalan nah mari kita sama sama  mengamalkan dengan Niat Karna Allah SWT Amalan di hari Jum'at di bawah ini

4 Amalan Sunnah Yang Istimewah Di Hari Jumat  Menurut Syekh Ali Jaber

1. Bersyalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya  "Sesungguhnya hari yang Afdhal bagi kalian adalah hari Jum'at,. Di hari Jumat Adam diciptakan dan di wafatkan, pada hari Jumat juga sangkakala ditiup dan padanya juga mereka dibangkitkan karena itu perbanyaklah Syalawat kepadaku"

Bersyalawat kepada Nabi adalah bentuk kecintaan kita kepada Nabi Kita Muhammad SAW, karena Beliaulah yang telah memperjuangkan Ummat-Nya sampai akhir Hayatnya. Dan agar kita memperoleh Amal dan Syafaat  diakhirat kelak, Aamin Yarabbal Alamin

Bacaan Syalawat Nabi dihari Jumat yang baik menurut Syeh Ali Jaber adalah

Allahummasalli Alaa Sayyidina Muhammad Waalaali Syayidina Muhammad” bacalah syalawat ini  sebanyak banyaknya dihari Jumat maka Allah SWT akan selalu menuntun kita kejalan yang benar 

Sebagaimana Sabna Rasulullah SWA bahwa “ Barang siapa bersyalawat kepadaku 1000 kali maka takkan meninggal dunia sehingga diberikan kabar gembira masuk surga.”

2. Membaca  Suratul Kahfi

Suratul Kahfi merupakan surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat yang mengandung makna " Penghuni penghuni Gua"

Keutamaan Membaca Suratul Kahfi dihari Jumat adalah Diberkahi Cahaya antara dia dan Ka'bah, Terhindar dari Fitnah Dajjal serta Mendapat Ampunan dari Allah SWT.

Sebagaimana Sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Yang artinya : Barang siapa yang membaca Suratul Kahfi di malam Jum'at, dia akan disinari Cahaya antara dia dan Ka'bah. Dengan Hadis ini sebaiknya kita menyadari bahwa betapa besarnya janji Allah SWT kepada kita dengan bacaan  Suratul kahfi dihari Jumat ini, dan alangkah meruginya kita jika melewatkan membaca surat ini dimalam Jumat. 

3. Berdoa di Sore Hari

Sebagaimana telah dibahas di awal bahwa dihari Jumat adalah hari yang penuh berkah bahkan ada waktu yang paling baik untuk kita berdoa kepada Allah SWT dihari Jumat yaitu disore hari, 1 jam sebelum masuk Magrib. 

Sebagaimana Hadis Nabi Muhammad SAW yang Artinya “ Dihari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang Hamba Muslim yang berdiri melaksanakan Shalat lantas ia memanjatkan suatu Doa yang bertepatan dengan waktu tersebut melaingkan Allah akan member apa yang ia minta (HR. Bukhari) 

Menurut Syeh Ali Jaber Berdoa 1 Jam sebelum Magrib akan diijabah oleh Allah SWA, 1 jam sebelum Magrib maksudnya, apabila Magrib jatuhnya tepat Pukul 18.00 maka waktu yang tepat untuk berdoa adalah pada pukul 17.00.

4. Bersedekah di Subuh Hari

Surat Al Imran ayat 93 yang artinya “ Kamu skali kali tidak akan mencapai kepada kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menginfakkan sebahagian harta yang kamu cintai, dan apa yan kamu infakkan, sesungguhnya Allah Mengetahuinya.

Dengan mesedekahkan harta kita akan adalah susuatu yang sangat Allah sukai dan merupakan bentuk syukur kita kepada Allah SWA, 

Bersedekah setiap subuh hari dengan Rutin tidak akan membuat kita jatuh miskin justru Allah  akan janjikan kita dengan Rejeki yang berlipat ganda, menghapuskan dosa kita, menjadi tolak bala bagi diri dan keluarga kita, bahkan diturunkan dua malaikan untuk ikut mendoakan kita, Masya Allah. 

Demikian 4 Amalan Sunnah Yang Istimewah Di Hari Jumat  Menurut Syekh Ali Jaber, dengan Beryalawat kepada Nabi, Membaca Suratul Kahfi, Berdoa di sore hari Jumat dan bersedekah disubuh hari akan Melipat Gandakan Resky kita, mudah mudahan amalan ini adalah amalan rutinitas untuk diri kita dan keluarga.

Mudah - mudahan Artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua, agar kita semua bisa menjadi Hamba Allah yang di Ridhoi oleh-Nya. Aaminn Yarabbal Alamin.


Penulis Azzam 




Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "4 Amalan Sunnah Yang Istimewah Di Hari Jumat Menurut Syekh Ali Jaber"