Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Penyebab Flasdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya | Kabarkomputer


FD


6 Penyebab Flasdisk tidak terbaca dan cara mengatasinya, Flasdisk merupakan alat untuk menyimpan data atau file eksternal, Flasdisk merupakan alat penyimpanan data yang simpel. Kenapa dikatakan simpel karena  bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawah kemana - mana. Dengan adanya Flasdisk kita bisa membawah data penting kita kemana saja kita pergi.

6 Penyebab Flasdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya | Kabarkomputer

Pengertian Flasdisk

Flasdisk adalah Sebuah alat elektronik yang berukuran kecil yang digunakan sebagai alat penyimpanan data atau file. dan merupakan alat penyimpanan eksternal.

Penyebab Flasdisk tidak Terbaca

Mungkin ada diantara kita menyimpan file penting didalam sebuah flasdisk dan pada saat kita ingin membuka file tersebut tiba- tiba file nya tidak terdeteksi

atau kata lain tidak bisa dibuka, pasti kita merasa kecewa karena dengan keadaan ini dan akhirnya kita merasa menyimpan file di flasdisk adalah hal yang kurang aman.

Sebagai pengguna Flasdisk kita perlu tau apasi penyebab Flasdisk tidak Terbaca ?

Ada 3 Penyebab Flasdisk tidak terbaca

1. Konektor Flasdisk Berdebu (Kotor)/ Karatan.

Penyebab Flasdisk tidak terbaca adalah karena Konektor Flasdisk kita mungkin Berdebu, sehingga debu tersebut menghalangi konektifitas flasdisk kita, sebaiknya cek konektor USB kita, Cobalah konektor dibersihkan dengan tissu kering disekitar dan lubang konektor flasdisk tersebut.

2. Port USB Laptop atau PC Rusak

Ada 3 penyebab Port Rusak yaitu :

  1. Port berdebu ataupun, bersihkan port USB Laptop atau PC kalian.Cobalah untuk membersihkan  portnya dengan menggunakan tissu. 
  2. Port terhubung dengan Mainboard ada masalah atau boleh jadi bekas solder lepas, cobalah untuk membuka kasing laptop atau PC kalian, periksa Port USB yang berhubungan dengan mainboard, apakah ada tanda karat atau lepas dari soldernya. jika ia cobalah untuk mensoldernya kembali. 
  3. Kabel atau Soket yang berhubungan ke Port Putus atau tidak terpasang dengan baik, Penyebab ketiga adalah cek soket yang dimainboard, mungkin saja kabelnya tidak terpasang dengan baik atau mungkin ada yang putus. 

3. Driver USB tidak aktif

Bisa jadi karena Driver USB kita bermasalah, kalian bisa cek di Device Manager

Cara Cek Driver USB adalah

Ketik Device Manager pada Search tombol Star > Pilih Universal Serial Bus Controllers (USB) jika terdapat  tanda seru pada usb tersebut berarti memang usb kita belum diaktifkan

Flasdisk


4. Flasdisk Bervirus atau Malwere

Flasdisk yang bervirus biasanya juga menyebabkan file kita tidak bisa terdeteksi, tergantung tingkat keganasan virus tersebut, dan memang ada jenis  virus merusak total file kita. Dan biasanya Flasdisk bervirus karena seringnya digunakan secara berpindah-pindah pada laptop yang berbeda.

Untuk mencegah virus masuk ke Flasdisk kita cobalah gunakan scan virus setiap kali memasukan Flasdisk di Laptop anda.

Cara mengatasi Flasdisk Bervirus adalah 

1. Hapus Virus menggunakan Command Promp 

Caranya :

Tekan  Windows + R > pada desktop > Ketik CMD 

Pada jendela command Prompt, ketikkan lokasi Flesdisk kalian ( misalka nama nya D) maka ketikkan D: lalu enter

Flasdisk


Setelah proses selesai, Lepaskan Flasdisk jangan lupa di Eject ya.

2.  Hapus Virus menggunakan Anti Virus

Caranya

1. Download anti Virus yang terpercaya

2. Hubungkan Flasdisk ke Laptop atau PC

3. Jalankan Antivirus kemudian Klik Scan atau delete (Tergantung dari anti virusnya)

4. Tunggu sampai proses selesai.

5. Eject Flasdisk setelah proses selesai

3. Format Flasdisk

Menformat Flasdisk berarti menghapus semua isi dari Flasdisk termasuk virus yang bertengger di FD kita.

Cara Format Flasdisk

1. Klik Star > Computer > Klik Kanan Flasdisk > Pilih Format

Dimenu Format isi data sesuai kebutuhan > Volume Label Ketikkan Nama Flasdisk yang kita inginkan

Pada Format Options Ceklis Quick Format > Star > Ok


5. Flasdisk Palsu

Penyebab lain Flasdisk tidak terbaca mungkin karena flasdisk kita bukan Ori alias Bajakan sehingga kualitasnya kurang memuaskan, sehingga untuk proses kerja penyimpanannya kurang memuaskan dan bahkan tidak bisa terbaca.

Pada saat kalian ketoko mencari Flasdisk dan mendapatkan Flasdisk yang murah, Bisa jadi itu adalah Flasdisk yang palsu, cobalah untuk membeli barang dengan prinsip "Kalah saat membeli tapi menang dalam memakai"

Mungkin kita merasa beruntung karena telah mendapatkan Flasdisk yang lebih murah, tetapi bayangkan jika file penting kita hilang, hanya karena mengirit sekian rupiah. Apalagi data filenya yang akan membuat kita memperoleh keuntungan yang besar, pasti lebih rugi kan.


6. Flasdisk Rusak Total

Yang terakhir bisa jadi Flasdisk nya rusak. dan tidak bisa digunakan lagi. Berarti harus beli yang baru, dan saran dari kami untuk membeli yang Original.

Demikian 6 Penyebab flasdisk tidak terbaca dan cara mengatasinya untuk kalian yang ingin mempelajari lebih jauh tentang Flasdisk. Semoga bermanfaat.




Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for " 6 Penyebab Flasdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya | Kabarkomputer"