Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Warna Kabel Fiber Optik 12 Core Serta Susunan Kabel FO Step by Step

Warna Kabel Fiber Optik 12 Core Serta Susunan Kabel FO Step by Step
Warna Kabel Fiber Optik 12 Core Serta Susunan Kabel FO Step by Step

Warna Kabel Fiber Optik, Susunan kabel, Lapisan Fiber Optik serta cara memasangnya sangatlah perlu diketahui buat kalian yang menggeluti Instalasi Fiber Optik, sebelum kita membahas susunan warnanya, alangkah baiknya kita mengenali apa sebenarnya itu Fiber Optik, Kabel Fiber Optik adalah jenis kabel jaringan yang umum digunakan untuk Instalasi jaringan, kabel jaringan yang satu ini merupakan jenis kabel yang sistem transmisinya melalui serat kaca yang berupa cahaya. 

Apa sih Pengertian Kabel Fiber Optik (FO) ?

Kabel Fiber Optik (FO) merupakan salah satu jenis kabel jaringan yang dibuat dari serat kaca atau plastik yang sangat halus. Serat ini memungkinkan proses transmisi data yang sangat cepat menggunakan cahaya yang dipantulkan sepanjang dalam kabel. Kabel Fiber Optik dibertujuan untuk mentransfer data dengan jarak yang jauh dengan sangat ceppat serta keamanan yang sangat terjamin dibanding dari kabel tembaga.

Jaringan untuk warna dasar ada 12 warna dan Serta serta lapisannya , sebelum kita membahas Susunan warna kabel FO alangka baiknya kita mengetahui Standar dari Kabel Fiber Optik (FO). 

Fiber Optik terbuat dari apa, Kabel fiber optik terbuat dari serat kaca yang dilapisi oleh erbagai lapisan, yang mulai dari Jaket Pelindung, Coating, Cladding dan lapisan intinya adalah Core.

Patch core cable adalah kabel serat kaca atau fiber optik dimana kedua ujungnya terpasang konektor sebagai jalur penghubung  dua terminasi dalam segmen jaringan FO (dari perangkat pasif ke perangkat aktif). 

Jenis Patch Cord terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Single mode atau simplex

Jenis patch cord ini memiliki ukuran antara 8-10 Nm dengan panjang gelombang 1.310 - 1.5550 nm. Karakteristik utama tipe ini adalah hanya mampu menjalankan satu mode dengan kapasitas bandwidth besar dalam jarak yang relatif jauh.

2. Multi-Mode

Jenis patch Multi-Mode ini mempunyai diameter lebih besar, yaitu antara  50, 62,5, dan 100 Nm. Keunggulan multi-mode adalah mendukung transmisi ratusan pulsa cahaya secara serentak melalui serat optik.

Dalam penggunaanya, kabel patch cord mempunyai standar pewarnaan yang merepresentasikan tentang penggunaan dan spesifikasi kabel tersebut.

Struktur kabel multi-mode fiber optic terdiri atas beberapa kumpulan setar optic yang dibedakan satu sama lainnya berdasarkan warna outer jaket dan buffer atau tabung pada setiap serat. Menurut standar EIA/TIA-598, pewarnaan serat optic dibedakan menjadi kelompok dengan 12 tipe warna berbeda yang dihitung searah jarum jam.


Susunan Warna Kabel Fiber Optik 

Posisi Kabel / Warna Jaket

1 / BIRU

2 / ORANGE 

3. / HIJAU

4 / COKELAT

5 / ABU ABU

6 / PUTIH

7 / MERAH

8 / HITAM

9 / KUNING

10 / VIOLET

11 / PINK

12 / AQUA


Warna Kabel Fiber Optik Serta Cara Mengetahuai Warna Tubenya


Warna Kabel Fiber Optik Serta Cara Mengetahuai Warna Tubenya


Susunan Lapisan Kabel Serat Optik

Lapisan Coating / Outer Jacket (Jaket ) 

Coating sebagai pelapis paling luar yang berfungsi untuk melindungi atau membungkus strength member dari gangguan tekanan secara langsung misalnya terjadinya badai, gempa ataupun jenis gelombang, dan lain sebagainya
.

Lapisan Srength Member

Srength Member adalah lapisan setelah Lapisan Coating yang fungsinya untuk memperkuat lapisan Coating.

Lapisan Coating 

Lapisan dalam yang dibuat dari bahan plastik untuk melindungi cloading serta core dari kemungkinan gangguan fisik seberti saat kabel melengkung atau dari kelembaban cuaca.


Lapisan Cladding

Lapisan Cladding adalah lapisan dalam terbuat dari bahan silikon yang berhubungan langsung dengan core yang membungkus langsung serat kaca (optik). ukuran lapisan cladding sekitar 5 µm hingga 250 µm. Lapisan ini berfungsi melindungi sekaligus memandu perambatan gelombang cahaya yang sedang melewati core

Lapisan Core

Standar warna konektor pada Fiber optic juga memiliki system kode tersendiri, yaitu sebagai berikut.

Warna Kabel Serta Susunan Lapisan Kabel Fiber Optik

Mengapa Susunan Kabel Fiber Optik Penting?

Susunan Kabel Fiber Optik (FO) yang tepat sangat penting untuk memastikan koneksi yang cepat serta stabil. Jika kabel tidak terpasang dengan benar atauka dipasang di tempat yang tidak tepat/salah, dapat mengakibatkan koneksi yang tidak bagus atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Persiapan Sebelum Memasang Kabel Fiber Optik

Saat akan memasang Kabel (FO) Fiber Optik, pastikan kalian memiliki semua peralatan yang dibutuhkan, diantaranya  kabel, konektor, alat pemasang, serta alat pengukur kecepatan. Pastikan juga tempat pemasangan telah bersih & kering, dan yang utama bebas dari hambatan.

Susunan Kabel Fiber Optik Step by Step

Tentukan jalur kabel

Pertama-tama, tentukan jalur kabel yang akan dipasang. Pastikan tidak ada hambatan di sepanjang jalur, seperti pipa atau kabel lain.

Potong kabel sesuai panjang yang dibutuhkan

Setelah menentukan jalur kabel, potong kabel fiber optik dengan panjang yang dibutuhkan. Pastikan potongan kabel rapi dan tidak ada serat yang terputus.

Pasang konektor

Pasang konektor pada kedua ujung kabel fiber optik. Pastikan konektor terpasang dengan benar dan erat.

Berikut adalah macam-macam konektor yang digunakan dalam kabel fiber optic.

1. FC atau Fiber Connector

Fiber konektor digunakan pada kabel optic tipe single mode menggunakan drat atau ulir dengan kekencangan yang dapat diatur yang memberikan keuntungan posisi sambungan lebih akurat.

2. SC atau Subscribe Connector

Subscribe Connector digunakan untuk kabel tipe single mode dengan cara cabut-pasang. Keuntungan tipe ini adalah murah, sederhana, dan akurat dalam sambungan antarkonektor.

3. ST atau Subscriber Connector

ST atau Subscriber Connector ini digunakan untuk kabel yang bertipe Single mode dengan teknik cabut pasang 


Sambungkan kabel ke perangkat

Sambungkan salah satu ujung kabel fiber optik ke perangkat, seperti switch atau router.

Uji kecepatan koneksi

Terakhir, gunakan alat pengukur kecepatan untuk memastikan koneksi kabel fiber optik stabil dan cepat.

Kesimpulan

Susunan Kabel Fiber Optik yang tepat sangat penting untuk memastikan koneksi yang stabil dan cepat. Pastikan Anda mempersiapkan semua peralatan dan memasang kabel dengan benar. Dengan susunan yang tepat, Anda dapat menikmati koneksi internet yang cepat dan aman.


Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Warna Kabel Fiber Optik 12 Core Serta Susunan Kabel FO Step by Step"