Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian PBX, Jenis dan fungsinya - Private Branch Exchange

 

pengertian pbx, jenis dan fungsinya - private branch exchange

Pengertian PBX, Jenis dan fungsinya, PBX adalah singkatan dari private branch exchange yang merupakan salah satu protokol yang menyediakan pelayanan komunikasi suara dengan melalui jaringan telepon.  private branch exchange berfungsi menjadi center pengendali dan penghubung antara jaringan telepon  yang bersifat publik ke jaringan telepon yang bersifat internal, contohnya pada sebuah Kantor, Perusahaan, Universitas dan lain sebagainya. Selain itu PBX juga melakukan konversi komunikasi antara jaringan internal menuju jaringan publik.

Pengertian PBX, Jenis dan fungsinya

PBX akan melakukan hubungan jaringan internal dengan  Public switched telepon Network Menggunakan jalur trunking Dengan Internal Network telephone. Maka, beberapa peralatan yang berada di dalam perusahaan seperti modem, telepon analog, Atau faximile akan saling berhubungan dan berkomunikasi. Dengan penggunaan PBX, terjadi penghematan pada sisi teknis penggunaan dan instalasi jaringan telepon analog internal perusahaan. Selain itu PBX juga dapat berguna untuk hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya tabrakan antara jaringan internet atau modem, sambungan telepon, faksimile ataupun sambungan internal dengan PSTN.


Sejarah atau Asal Mula Munculnya Sistem PBX

Pada sekitar tahun 1950-an teknologi PBX awalnya tidak dapat mendukung Sistem meneruskan panggilan, hunt groups  dan panggilan ekstensi yang berkembang pada saat itu. Lalu pada tahun 1960-an PBX semakin meningkat dan berkembang Dan melengkapi fitur fitur  yang masih mengalami kekurangan. 

PBX juga memiliki sistem hybrid, yaitu fitur yang mengizinkan pelanggan  telepon melakukan Dial nomor eksternal atau jalur PSTN  dan dapat diikuti dengan nomor ekstensinya.

PBX awalnya berkembang dengan Melakukan penerapan teknik switching jaringan telepon yang berasal dari operator ke jaringan internal dengan  menggunakan mekanisme elektromekanis.  tetapi, PBX kini beralih dengan bekerja secara elektronik atau otomatis dan terstruktur.  perjalanan teknologi dan perkembangan PBX Dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu PABX  ( Private automatic branch exchange)  dan pmbx ( private manual branch exchange).

Ruang lingkup konsep sistem PBX dalam mendeskripsikan Layanan Telepon dalam internal Network secara privat, sekarang semakin bertambah pesat Bersama dengan kemajuan protokol Network berbasis IP.

Jaringan berbasis Packet Switching yang yang menjadi penyebab munculnya layanan pip diatasnya berjalan teknologi baru dalam komunikasi suara dan menghasilkan inovasi yang  selalu dikenal sebagai VoIP PBX atau IP PBX.


Dalam penggunaan private branch exchange(PBX) terdapat 4 jenis sistem yang bisa digunakan.

  1. PBX yang berkerja secara privat dan berada di internal perusahaan juga bermanfaat sebagai jalur penghubung telepon private dengan PSTN.
  2. PBX virtual atau hosted yang beroperasi dengan cara virtual atau Logic.
  3. IP PBX yang beroperasi pada mode Packet Switching Network.
  4. Hosted,  IP centrex  atau IP virtual.

Dilihat dari cara beroperasi PBX dan  perjalanan sejarahnya, dapat disimpulkan bahwa PBX mempunyai fungsi atau tugas seperti:

  1. Membentuk koneksi pada jaringan telepon secara tertutup.
  2. Menghubungkan panggilan dari telepon satu ke telepon lainnya secara publik atau tertutup Ataupun Sebaliknya.
  3. Melindungi konektivitas paket suara dari pengirim menuju ke penerima supaya tetap aman dan berstandar kualitas yang baik.
  4. Menghentikan sambungan dalam hubungan jaringan telepon sesuai dengan arahan telepon yang di jalankan oleh pengguna.
  5. Memberikan informasi mengenai data hitung seperti lama penggunaan, nomor tujuan, dan nomor pihak pengirim.

Item-item yang harus mencakup dalam perkembangan layanan atau fitur Yang tersedia dalam PBX dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Layanan telepon otomatis.
  2. Fasilitas searching and forwarding nomor tujuan berdasarkan klasifikasi penyimpanan data-data pengguna.
  3. Fasilitas atau layanan nada tunggu yang bermanfaat ketika ada panggilan yang berasal dari luar, lalu disambungkan ke telepon tujuan hingga terdengar nada tunggu  untuk informasi tentang adanya notifikasi bahwa sistem sedang mengarahkan telepon aku panggilan.
  4. Memperlihatkan berapa lama waktu dalam penggunaan panggilan telepon.
  5. Dapat memblacklist  beberapa nomor tertentu atau yang tidak dikenal.
  6. Meneruskan panggilan (call forwarding).
  7. Mengangkat panggilan (pick up calling).
  8. Panggilan Cepat (fast calling).
  9. Transfer panggilan (calling transfer).
  10. Panggilan tunggu (waiting calling).
  11. Direct inward dialing ( panggilan telepon multi Network di sebuah area)
  12. Direct Inward system Access ( DISA) Iya itu fitur panggilan jaringan internal menuju PSTN.
  13. Fitur kotak pesan atau pesan suara, yaitu Fitur yang bekerja dengan cara mengirimkan kan beberapa pesan dalam bentuk suara Sehingga dapat didengar oleh penerima.
  14. Fasilitas opening sound atau nada sambutan untuk panggilan masuk. 

Kesimpulan

Pengertian PBX, Jenis dan fungsinya, Jadi bisa disimpulkan bahwa PBX adalah generasi ataulangkah awal pengatur dan pengelola sistem hubungan  sambungan telepon dalam sebuah jaringan Dalam perusahaan. Pada PBX, beberapa perangkat jaringan telepon private dapat saling melakukan hubungan panggilan, baik secara pribadi (Di dalam kantor atau perusahaan)  ataupun telepon pribadi dan publik ( PSTN). 

Pada mulanya, PBX beroperasi dengan cara elektromagnet atau kau dapat dikenal dengan istilah pmbx ( private manual branch exchange),  setelahnya kemudian dilakukan revisi agar lebih maju dan berkembang sehingga dapat beroperasi secara otomatis.  Setelah itu Terbitlah sistem baru dari PBX  yang bernama PABX (Private automatic branch exchange). Jadi PABX adalah sistem teknologi baru PBX yang beroperasi secara otomatis.

Biasanya, istilah PABX terlihat saat membangun jaringan telepon analog pada sebuah perusahaan, universitas  rumah sakit. PABX  dibutuhkan saat  kita memiliki Satu atau lebih divisi dan ruangan yang banyak secara terpisah, tapi cuma punya satu  buah  line atau jaringan telepon. PABX akan melancarkan beberapa komunikasi bagian dalam suatu perusahaan dengan cara memakai nomor ekstensi yang terdapat beberapa wakil dari setiap bagian. Jadi, eksternal cuma harus menghubungkan salah satu nomor yang diberikan oleh perusahaan,  kemudian panggilan itu akan diteruskan kepada nomor ekstensi yang dituju.


Penulis Fiqri


Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Pengertian PBX, Jenis dan fungsinya - Private Branch Exchange "