Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Firewall beserta Fungsi dan Jenisnya

 

Firewall

Pengertian Firewall beserta Fungsi dan Jenisnya - Sistem bergambar batu merah disusun rapi ini sangatlah penting dalam era teknologi sekarang, Jaman teknologi boleh dianggap semakin banyak sumber daya manusia yang memiliki ilmu teknologi yang semakin baik, bahkan dengan ilmu tersebut tak  segan segan ada juga yang menyalah gunakan sehingga mengganggu bagi pengguna teknologi lainnya.

Mengapa harus ada Firewall ?

Seperti yang kita  lihat di berita- berita yaitu  dengan adanya penipuan – penipuan online, pencurian data, adanya keluar masuknya konten konten illegal, dan bahkan masih banyak jenis- jenis ketidak nyamanan bagi pengguna teknologi jaringan dimasa sekarang.

Nah untuk melindungi Jaringan kita dari serangan serangan tersebut maka perlu adanya pembatasan pembatasan akses  yang dianggap mengganggu maka kita butuhkan Firewall, supaya data yang masuk ke jaringan kita sudah terfilter oleh system ini.

Pada Artikel ini kami mencoba membahas tentang

Pengertian Firewall beserta Fungsi dan Jenisnya

Apa Itu  Firewall ?

Firewall adalah sebuah system atau perangkat lunak yang digunakan untuk melindungi sebuah jaringan dari serangan yang berupa akses illegal yang berasal dari Private Network , dari jaringan LAN (Lokal) maupun dari jaringan WAN (Internet), dimana serangan tersebut ada yang  berupa Virus, Malware, Spam, pencurian data, penyebaran konten konten ilegal dan serangan serangan lainnya yang dianggap mengganggu.

Jadi tugas dari Firewall adalah memonitoring system alir keluar masuknya data dari sebuah jaringan kejaringan lain serta  mengontrol apakah data yang masuk sesuai yang diinginkan, jadi firewall sekaligus melindungi jaringan dari serangan - serangan yang tidak diinginkan melalui sistem filter yang dilakukannya.

Apa sajakah Fungsi Firewall itu ?

Setelah kita mengetahui  pengertian firewall, nah apa sih Fungsi Firewall itu? Firewall digunakan untuk melindungi router dari akses yang tidak diinginkan berasal dari network lain melalui Router, baik itu jaringan LAN ( Lokal Area Network) maupun jaringan WAN (Jaringan Internet ).

Dibawah ini ada 4 Fungsi firewall yaitu

1.Memblokir Konten-konten yang tidak diinginkan

Firewall dapat memblokir situs-situs  yang dianggap tidak wajar untuk masuk kejaringan kita, seperti situs perjudian, situs yang mengandung pornografi, Situs yang berbau sara, dan lain sebagainya.

2.Melindungi Data Kita dari Hacker

Untuk kita yang aktif didunia internet, mungkin kita biasa mendengar dengan istilah Hacker atau bahkan mungkin kalian adalah salah satu korban dari Si Hacker ini.

Nah untuk terhindar dari situkang Hacker ini,  segeralah untuk selalu mengaktifkan firewall kita.

3. Dapat Memodifikasi Paket data yang masuk

Memodifikasi Paket  data yang masuk dengan menggunakan system NAT yang dapat menyembunyikan IP Address sehingga pengguna dapat mengakses tanpa mendapatkan IP  dari Internet atau biasa disebut IP Public, system ini biasa disebut IP Masquerading.


Jenis – Jenis Firewall

Ada 4 jenis Firewall yang perlu kita ketahui yaitu

1.  Paket Filtering

Paket filtering Firewall berguna untuk menfilter atau menyaring paket – paket apa saja yang boleh melewati pos penjagaan Firewall ini. Dengan system Filter kalian bisa menentukan yang mana konten- konten yang kalian tidak ijinkan masuk ke jaringan kita.

2. Gateway Level Sircuit

Gateway Level Sircuit adalah jenis Firewall yang  dianggap tidak terlalu akurat karena system kerjanya yang cepat untuk menyetujui dan menolak lalu lintas data dijaringan tersebut.

Gateway Level Sircuit bertugas untuk meveripikasi TCP yang dirancang untuk memastikan bahwa paket tersebut Sah.

3.  Proxi Firewall

Proxi Firewall merupakan lapisan pemisah antar klien dengan dimana paket tersebut berada, system kerjanya sama dengan paket Filtering, system ini tidak membiarkan lalu lintas data dengan bebas tanpa menfilternya terlebih dahulu, jadi dengan Proxi Firewall data dianggap sangat aman dari serangan serangan yang tidak diinginkan.

4.  Next Generation Firewall

Next Generation Firewall merupakan jenis firewall yang dapat menghentikan serangan yang hendak menyerang data kita secara otomatis. Next Generation Firewall bukan hanya meghentikan serangan tersebut tetapi bahkan langsung memperbaikinya  secara otomatis pula.

5.  Software Firewall

Jenis software Firewall  dapat membantu dalam mengendalikan lalu lintas jaringan dengan bertindak sebagai pengfilter atau penghalang masuknya serangan ke system kita.

6.  Coult Firewall

Coult Firewall ini merupakan jenis firewall yang system kerjanya sama dengan proxy server hanya saja system Coult ini bisa menambahkan ataupun mengurangi kapasitas ke server.

Demikian Pengertian Firewall beserta Fungsi dan Jenisnya, untuk selanjutnya kami merekomendasikan Cara Kerja Firewall beserta langkah kerjanya.


Semoga Artikel ini Bermanfaat untuk kita semua sekian dan terima kasih telah mengunjungi Blog kami.

 


Post a Comment for "Pengertian Firewall beserta Fungsi dan Jenisnya"