Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian VLAN, Beserta Fungsi dan Jenisnya - Kabar Komputer

pengertian vlan, beserta fungsi dan jenisnya

Pengertian VLAN, beserta Fungsi dan Jenisnya, Jaringan  LAN  adalah sekumpulan perangkat komputer dengan perangkat jaringan yang saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi dalam suatu ruangan atau gedung. LAN juga dapat diartikan sebagai jaringan komputer berskala kecil biasanya digunakan pada suatu perusahaan, pemerintahan, Rumah sakit.

Jaringan LAN banyak digunakan dalam mengaplikasikan sebuah jaringan komputer karena mudah dalam instalasi dan perangkat yang digunakan sederhana dan terjangkau.

Hal – hal yang dibutuhkan dalam membangun jaringan LAN yaitu

Hardware 

Hardware adalah perangkat computer yang dalam bentuk benda atau bisa disebut perangkat keras, untuk jaringan LAN perangkat keras yang dibutuhkan adalah..

1. Komputer Server

Komputer server dibutuhkan sebagai penyedia layanan yang akan melayani komputer client dan yang akan menjadi pusat pengaturan kontrol jaringan yang akan kita buat. 

2. Komputer Client

Pada jaringan LAN di perlukan komputer clien sebagai perangkat utama untuk saling berkomunikasi,  Komputer Clien merupakan  komputer yang akan menerima pelayanan dari komputer  Server  yang  telah disediakan sebelumnya.

3. Network Interface Card (NIC).

NIC merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai interface dari kabel jaringan ke computer. Ada 2 jenis NIC pada jaringan Komputer.

NIC Fisik

Merupakan NIC secara fisik atau hardware yg difungsikan pada komputer untuk menghubungkan pada suatu jaringan, biasanya NIC ini terletak pada motherboard dengan jenis port tertentu seperti port RJ-45 dan terletak di bagian back panel sebuah motherboard personal komputer.

NIC Logis

Kartu yang  tidak memiliki bentuk fisik atau hardware tetapi  NIC yang menggunakan software sebagai virtual NIC.

4. Kabel UTP atau Unshelded Twister Pair

Jenis kabel UTP digunakan pada jaringan LAN dengan Topologi STAR, sebagai tempat jalur komunikasi data pada sebuah jaringan, ataupun  sebagai media transmisi dari satu komputer ke perangkat lainnya.

5. Switch atau  Hub

Switch digunakan sebagai konsentrator yang menghubungkan semua perangkat jaringan dan menjadi pusat tranmisi data. Sebagai penghubung dari satu perangkat jaringan keperangkat jaringan lainnya. Seperti menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya, menghubungkan komputer 

Software 

Software merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan hardware dengan system atau dengan perangkat lunak lainnya. Software dapat mengidentifikasi program yang ada pada komputer, serta dapat menerjemahkan perintah yang dalam bentuk bahasa mesin.

Pada jaringan LAN terdapat  2 jenis Software yaitu :

1. Sistem Operasi

Sistem Operasi

Untuk membangun jaringan LAN  Sistem operasi merupakan kebutuhan yang harus ada,  Server yang kita gunakan tentunya harus sudah terinstal Sistem Operasi yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam menyetting sebuah Jaringan LAN system operasi yang biasa digunakan yaitu, Sistem Operasi windows ataupun Linux.

2. Sistem Operasi Client

Sistem operasi yang digunakan merupakan sistem operasi yg lebih sederhana dibandingkan dengan sistem operasi yang digunakan oleh server. Kebanyakan pengguna atau Clien jaringan menggunakan Sistem operasi Windows. 

Pengertian VLAN, beserta Fungsi dan Jenisnya

Pengertian  VLAN

VLAN adalah singkatan dari Virtual Local Area Network atau jaringan local area terbatas yang sifatnya virtual. 

VLAN adalah sekumpulan peralatan jaringan seperti komputer, printer, atau server yang saling terhubung dan berada di area yang saling berdekatan. Dalam sebuah peralatan-peralatan tersebut saling terhubung secara logika dan bukan karena lokasinya berdekatan secara fisik. Tanpa semua lalu-lintas data antar departemen akan tercampur dalam jaringan.


Penggunaan  VLAN

Untuk mengatur dan memisahkan lalu-lintas data agar tidak tecampur dan agar lebih mempercepat jaringan, maka kita bisa membuat VLAN pada departemen masing-masing. VLAN bias kita buat menggunakan manageable switch yang menyediakan fitur bagi administrator untuk melakukan pengaturan VLAN.

Dalam menerapkan VLAN, maka lalu-lintas data antar departemen akan terpisah di dalam jaringan walaupun komputer-komputer tersebut berada di dalam jalur kabel dan juga switch yang sama. VLAN ini kita atur di sebuah switch dengan cara mengalokasikan port-port sesuai dengan VLAN yang ingin kita buat.

Fungsi VLAN yaitu

1.  Meningkatkan kinerja jaringan.

Pada Jaringan Vlan system kerjanya lebih simpel   sehingga lalu lintas data dapat berjalan secara efektif dan efesien.

2. Menggunaka Swicth sebagai penghubung sehingga mudah pemrosesnya. 

Vlan hanya menggunakan Switch  dalam menyatukan beberapa LAN, misalnya pada jaringan di sekolah memiliki LAN disetiap ruangan dengan system VLAN maka kita bisa membuat beberapa LAN ini menjadi 

Satu jaringan. Dengan menyatukan beberapa LAN sehingga LAN LAn ini dapat berkomunikasi satusama lainnya  dengan Jaringan  VLAN.

Baca Juga  Vlan Yang Di KonfigurasiUntuk Management Switch Merupakan Pengertian 

3. Adimistrasi Jaringan Lebih Mudah

Jaringan VLAN lebih mudah dalam pengontrolan karena dari beberapa LAN hanya  memiliki satu pusat  server. Sehingga dari beberapa LAN ini hanya dikontrol oleh satu server. 

4. Keamanana lebih baik

Karena VLAN hanya memiliki satu server maka dalam mengontrol keamanan lebih mudah, dan juga seperti adanya pembuatan firewall, pengaturan broadcash, dan termasuk pengaturan domain.

Jenis – Jenis   VLAN

  1. Berdasarkan Switch VLAN Default, Kondisi Semua Port Yang Terdapat Pada Switch, Belum Dikonfigurasikan.
  2. Data VLAN, Dikonfigurasikan Khusus Untuk Grafik Data Yang Digunakan Oleh Pengguna. 
  3. VLAN Voip, Dikhususkan Untuk Komunikasi Audio, Disbanding Komunikasi Datanya.
  4. VLAN Native, Di Desain Untuk Mendukung Switch Yang Tidak Mendukung Paging.
  5. VLAN Management, Digunakan Untuk Keperluan Management.

Demikian Pengertian VLAN, beserta Fungsi dan Jenisnya, kalian juga bisa mempelajari VLAN Trunking,  serta VLAN bertujuan untuk apa.  Semoga artikel ini dapat membantu, dan bermanfaat bagi kita semua.


Terima Kasih


Penulis  Bintang Nuraini



Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Pengertian VLAN, Beserta Fungsi dan Jenisnya - Kabar Komputer"