Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan File yang Terkena Ransomware

Cara Mengembalikan File yang Terkena Ransomware


Cara Mengembalikan File yang Terkena Ransomware, Di Jaman teknologi ini tak bisa dipungkiri lagi segitu banyaknya orang orang yang ahli dalam menggunakan dan membuat segala macam yang berhubungan Teknologi, mereka memiliki tujuan masing masing, ada yang sengaja menguasai IT untuk keperluan bisnis, ada yang memperdalam pembuatan Game, Aplikasi dan ada juga menguasai IT yang tujuannya untuk merusak Data ataupun Aplikasi orang  atau biasa disebut Hackers

Serangan serangan yang sengaja mereka buat untuk merusak Sistem atau sejenisnya, nah dengan serangan serangan ini tak sedikit pengguna yang dirugikan seperti serangan virus, serangan jinjling yang dikhususkan para blogger, serangan Malware dan masih banyak lagi jenis pengguna Negatif.


Cara Mengembalikan File yang Terkena Ransomware

Ransomeware bukan lagi sebagai perusak atau penghapus data tetapi dia mengunci data dan untuk mendapatkan kuncinya dia meminta uang tebusan namun setelah kalian menebusnya tidak ada jaminan untuk data kembali sehingga banyak yang menyarankan jangan ditebus.

Tetapi tidak sedikit korban Ransomeware mengambil keputusan untuk tetap menebusnya ke hacker tersebut, terutama perusahaan perusaan besar dimana data sangat penting buat perusahaan yang mereka kunci. dan ini akan menjadikan hacker semakin gencar untuk melakukan serangan.

Cara Kerja Ransomware

Pertama Infeksi 

Perangkat Terinfeksi dengan cara Ransomware yang terinstal ke parangkat dengan tidak sengaja saat anda aktif internet

Kedua Eksekusi

Setelah terinstal Ransomware mulai menyebar kedata atau file yang jadi target pada perangkat Laptop atau PC kalian

Ketiga Enkripsi 

Pada proses ini Ransomware mulai melakukan pertukaran kunci file data sehingga pengguna tidak bisa membuka file tersebut

Keempat Notifikasi 

Setelah Hacker berhasil menukar kunci data kalian maka si hacker mengirimkan notifikasi yang isinya berupa meminta tebusan untuk mendapatkan kode kunci tersebut

Kelima Pembayaran 

Sikorban memiliki dua pilihan apakah membayar atau mencari jalan untuk menyelesikannya.

Keenam Dekripsi 

Jika sikorban memilih untuk menebus maka Korban memperoleh kunci agar data mereka bisa terbuka. Namun ini tidak menjamin data untuk kembali tergantung si hacker mau menepati janjinya atau tidak.


Jenis - Jenis Ransomware

Ada dua jenis Ransomware yang perlu kalian ketahui yaitu 

Encrypting Ransomware 

Encrypting Ransomware adalah jenis serangan yang sistemnya menyerang dan menginfeksi perangkat kemudian mengunci data atau file yang berada di perangkat tersebut kemudian sihacker mengirim notifikasi yang berisi meminta tebusan berupa uang untuk mendapat kode encrypting tersebut. 

Locker Ransomware

Locker Ransomware adalah jenis serangan yang kerjanya mengunci perangkat agar si korban tidak bisa mengakses ke perangkat tersebut tetapi jenis ini masih bisa ditangani cukup dengan menghapus kode script tersebut. 


Cara Mencegah Serangan Ransomware

Pastikan Web yang kalian akses berjenis HTTPS

Https bekerja untuk menjaga keamanan saat proses lalulintas data yang masuk ke perangkat kalian dengan menggunakan Internet dengan proses enkripsi data sehingga dengan menggunakan Https maka kita mencegah masuknya serangan para hacker ke perangkat kita

Berhati-hati mendownload file dari situs yang tidak resmi.

Kadang hacker membuat situs yang sengaja menyamar agar para pengguna bisa mendownload sehingga saat didownload maka perangkat kita terinfeksi Ransomware

Hindari Klik Iklan maupun Link yang tidak Jelas

Para hacker juga memiliki cara menyebar Iklan ataupun Link yang ternyata isinya adalah Malware sehingga saat kalian klik maka disitulah Malware tersebut memasuki Perangkat kalian.

Lakukan Backup secara Berkala

Jika kalian pengguna rutin internet, Maka sebaiknya selalu Membeckup Data yang kalian anggap penting untuk menghindari kemungkinan serangan serangan, jika kalian sudah memiliki Backup maka saat data asli terserang dan terkunci maka kalian masih meiliki data cadangan.

Mengaktifkan Anti Virus dan Firewall

Selalu update anti Virus agar bisa mendeteksi serangan sebelum masuk menggororgoti Data atau file kalian, begitu juga Firewall jaringan dan sebaiknya memblokir jenis jenis tools jika ada yang mencurigakan.

 

Tips Mengembalikan File yang Terkena Ransomware adalah

Kali ini kita akan membahasa jenis Encrypting Ransomware, Jenis ini yaitu dimana si Hacker mengunci data kita dan meminta uang tebusan untuk memperoleh kuncinya

Jenis enkrepsion ini sangat sulit diatasi jika kita tidak betul betul menanganinya dengan baik

Jenis enkrepsion inilah yang membuat banyak perusahaan besar yang harus bertekuk lutut dan harus siap menebus jutaan rupiah untuk mendapatkan kunci data mereka.

Untuk jenis Lockked kita bisa mengatasinya dengan berbagai cara sehingga mereka yang terserang tidak perlu sekhawatir korban Ransomeware enkrepsion 

Nah sebelum mengambil keputusan dalam menyelesaikan apakah bayar atau tidak  yang menjadi pertanyaan seberapa pentingka data kalian yang terkena serangan Ransomeware. Jika datanya tidak sebanding dengan harga tebusan maka sebaiknya bisarkan saja dan jangan ditebus agar si Hacker tidak semakin melakukan aksinya karna merasa berhasil mendapatkan apa yang mereka mau.

Nah jika kalian mengambil pilihan untuk tidak menebusnya maka langkah yang harus kalian lakukan adalah 

  • Putuskan Laptop kalian dengan Internet, jangan ada hubungan dari laptop anda dengan sambungan jaringan pihak luar.
  • Baik itu FD maupun jenis Disk Drive lainnya, tujuannya adalah untuk memutuskan tantai penyebaran Ransomeware tersebut.
  • Nah bagaimana jika kalian lambat mengetahui nya maka yang kalian lakukan adalah semua yang sudah berhubungan dengan perangkat yang terserang di off kan usahakan  

  • Ketahui jenis Ransomeware yang menyerang data kalian
  • Jika Jenis Ransomeware adalah Encrypting maka ada dua pilihan yaitu menebus ataukah mencoba cara lain tetapi kedua duanya tidak menjamin data kembali. bahkan ada yang menyarankan untuk dilaporkan ke pihak yang berwajib, nah bagaimana jika kalian adalah pengguna rumahan
  • Langkah berikutnya adalah menyediakan 1 Laptop yang masih fress pastikan laptop tersebut tidak memiliki data penting.
  • Laptop tersebut akan digunakan untuk memindahkan Hardisk yang terserang Ransomeware dan di Laptop atau PC baru inilah tempat kita untuk melakukan scan Hardisk yang terinfeksi Ransomeware tersebut.
  • Apabila laptop yang baru tersebut tertular maka kalian jangan khawatir cukup kalian format ulang Laptopnya.
  • Pastikan Anti Virus terupdate, Anti Virus gratisan juga tidak masalah, cobalah scan sampai Ransomeware terdeteksi dan jika sudah menggunakan beberapa anti virus gratisan tetapi semuanya gagal maka cobalah menggunakan Anti virus Berbayar.
  • Namun jika kalian sudah menggunakan Anti Virus Berbayar tapi belum tedeteksi juga maka bisa saja Ransomeware nya belum masuk database di anti virus jadi yang kalian lakukan adalah menunggu seminggu ataupun dua minggu kemudian kalian lakukan Scan anti virus lagi.
  • Dan jika beberapa minggu akhirnya kalian berhasil mendeteksi nya. maka langkah selanjutnya adalah mencari kunci Data Encrypting tersebut yaitu dengan menggunakan tools yang dibuat khusus untuk itu.
  • Ransomeware menyerang dengan 2 tahap yaitu 
    • Menyerang Laptop atau PC 
    • Mengunci data

  • Yang kita lakukan tadi adalah mendeteksi, membersihkan dan menghentikan Ransomeware yang menginveksi Latop atau PC
  • Langkah selanjutnya adalah Membuka data yang terkunci atau kata lain membuka enkripsinya

Ada 2 Cara membuka Enkripsi Data yang terkunci oleh Ransomeware adalah

  • Buka Tools yang bisa membuka enkripsion kemudian Upload salah satu data yang terinfeksi.
Dengan tools tersebut akan memberikan informasi mengenai apakah data terinfeksi sudah masuk ke data base mereka atau belum dan tools tersebut juga akan memberikan informasi apakah ada langkah yang harus kalian lakukan untuk membuka kuncinya jika ada kalian tinggal mengikuti tahap tahap yang diminta

Namun jika belum ada cara untuk membuka kuncinya adalah tunggu beberapa minggu lagi kemudian cek kembali dengan menggunakan tools tetapi jika kalian tidak sabar menunggu maka kalian lakukan langkah yang kedua yaitu.

  • Kalian mencari Software yang dapat me Restor Data maksudya software yang bisa mengembalikan data karna kebanyakan Ransomeware melakukan kunci data dengan cara menghapus data yang asli dan mengenkripsi data hasil copian sehingga dengan merestor data asli yang mereka hapus bisa kembali namun itu belum menjamin sepenuhnya

Cara Mengembalikan File yang Terkena Ransomware, Intinya adalah kalian tetap sabar menunggu sampai datanya sudah masuk Data Base anti virus, sebelum kalian lakukan langkah langkah tadi kalian harus pastikan bahwa Ransomeware nya sudah benar benar bersih setelah kalian scan karna jangan sampai malah semakin menyebar.




Post a Comment for "Cara Mengembalikan File yang Terkena Ransomware"