Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menabung Dengan Gaji Kecil Tanpa Sengsara

Tabungan


Berhemat bukan berarti membuat anda menderita  pada kenyataannya anda mungkin akan mulai menikmatinya, anda hanya perlu berfikir berbeda, mengubah perilaku dan cara berfikir anda, dan inilah saatnya anda mengencangkan ikat pinggang anda. 

Satu hal yang perlu kita ketahui  adalah bahwa kebahagiaan bukanlah ditentukandari  seberapa banyak uang kita. Apa yang membuat orang bahagia ada didalam kepala bukan didalam kantong.


Menabung Dengan Gaji Kecil Tanpa Sengsara,  Unik kan? 

 

Dibawah ini mungkin bisa membantu anda  agar bisa menabung walau gaji kecil. 


1. Niat Untuk Melakukannya


Segala sesuatu yang kita inginkan pastilah diawali dengan niat, menurut anda Ini mungkin bagian tersulit yang akan lakukan. 

Namun untuk melakukannya anda harus berpindah dari posisi Berniat Untuk Ingin.


2. Mencari Kesenangan Ditempat Lain


Pengalihan terhadap kebiasaan-kebiasaan yang butuh pengeluaran yang lebih besar  ke hal-hal yang tidak terlalu menguras pengeluaran dan akan tetap memperoleh apa yang diinginkan.

Mungkin anda hobi berbelanja yang mahal – mahal, maka anda dapat belajar mengenali apa yang mendorong anda berbelanja. Kemudian ubah pola pikir anda.


3. Buat Skema  Alternatif 


Apabila kalian ingin membeli sesuatu tetapi kalian tidak punya uang cobalah untuk menabung dengan tidak membeli barang barang lainnya yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan saat itu.


4. Bayangkan diri Kamu Tanpanya

Mungkin saat ini anda ingin membeli tas yang sangat bagus dan mahal, Nah  sebelum membelinya cobalah fikirkan bagaimana kira - kira keadaan kamu jika barang tersebut tidak dimiliki. 


5. Menyimpan


Sisihkan sejumlah uang setiap kali ada pemasukan, ini sebagai persiapan jika ada kebutuhan mendadak, seperti tiba - tiba ada tagihan,atau kebutuhan- kebutuhan yang tak terduga dan harus di bayarkan.   Tapi menyisihkan bukan dalam bentuk tabungan rekening ya.


6. Jangan Melihat –lihat


Melihat – lihat Etalase saat ini adalah kegiatan yang sangat popular saat ini.  Mungkin jika anda tidak tau bahwa barang itu ada, Kalian tidak kan mungkin menginginkannya. 

Jika kalian tidak dapat menahan godaan maka hindari godaan tersebut.


7. Sisihkan Sebelum anda Memperolehnya


Lebih mudah menabung uang yang belum anda miliki daripada mengambil uang dari dompet atau rekening untuk ditransfer kerekening simpanan anda.


8. Hindari Berbelanja Makanan saat Perut Kosong


Berbelanja saat perut kosong akan membuat anda membeli semua apa yang kalian lihat. Jadi pergilah berbelanja saat anda sudah sarapan.


9. Membawa Daftar Belanja

 Sebelum pergi belanja buatlah daftar belanja untuk mencegah membeli barang yang tidak direncanakan. 


10. Memasak Sendiri


Dengan tidak membiasakan makan makanan kemasan atau makan makanan jadi akan menghemat pengeluaran anda, Luangkan waaktu untuk memasak sendiri.


11. Belanja demi  Kualitas, Bukan Kuantitas

Apabila anda mencari barang yang berkualitas maka anda akan menemukan manfaat lain. Barang yang berkualitas akan lebih tahan lama sementara barang  barang yang murah akan cepat rusak dan akan membuat anda akan selalu mengeluarkan dana berkali kali.


12. Libatkan Anak- Anak


Salah satu pengeluaran rutin bulanan adalah tagihan listrik, libatkan anak-anak, berikan pemahaman untuk tidak menyalakan yang berhubungan dengan listrik jika tidak digunaka.


 Menabung Dengan Gaji Kecil Tanpa Sengsara adalah hal yang tidak sulit yang penting kita punya keinginan dan yang utama  ubah pola pikir anda yang sebelumnya tanpa punya target.

Demikanlah artikel ini mudah- mudahan bisa membantu.

Salam dari kami

By Azzam



Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for " Menabung Dengan Gaji Kecil Tanpa Sengsara"