Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Cerdas Seorang Pemimpin Ala Alexander

Tips Menjadi Pemimpin

10 Tips Cerdas Seorang Pemimpin Ala Alexander patut kita jadikan contoh karena Sebab utama seseorang tidak mencapai target dalam hidupnya adalah terlalu sibuk buang - buang waktu dengan hal yang tidak penting, dan melupakan yang penting, akibatnya berlalu begitu saja tanpa menghasilkan karya yang berarti, waktu berlalu tanpa menghasilkan apapun, membuang-buang  waktu  membuat hidup tidak terarah dan akan  melenceng dari tujuan hidup sehingga  membuat seseorang tertinggal jauh dan akan berakhir dengan penyesalan.

Fokus pada tujuan hidup akan mengarahkan seseorang ketujuan hidup dan menggapai cita- cita.

Jika kita ingin menjadi orang yang sukses maka kita harus mampu menggunakan strategi dengan tepat membuat starategi baru dan menyempurnakan inovasi.

Starategi cerdas dalam hal apa pun adalah persiapan yg baik, Persiapan yang  baik berarti menciptakan kondisi paling baik dimana seseorang akan menjalankan tugas. Perhatikan kiat - kiat menjadi pemimpin ala Alexander dibawah ini :


1. Memiliki Visi dan Misi yg jelas 


Betapa pentingnya visi dalam sebuah kehidupan apalagi dalam sebuah tim, visi sebagai pedoman  kemana arah dan tujuan kita, Kemana orang - orang akan di bawah, dengan jelas kemana kita menuju dan bagai mana kita akan  mencapai tujuan kita.


2. Bangun Strategi Kreatif yang Responsif .


Dalam membangun strategi tak ada yang menandingi Alexander, dalam medan perang bagaimana dia memanfaatkan situasi dan menyesuaikan diri dengan taktik lawan. Untuk menjadi pemimpin wawasan atau ide - ide yang kreatif sangatlah dibutuhkan agar bisa tepat sasaran dan segalanya tidak sia-sia.


3.  Ciptakan Konstelasi Peran Eksekuti yang Ahli


Menciptakan konstelasi peran eksekuti yang ahli sangatlah penting, seorang pemimpin harus mengetahui bagaimana cara membentuk tim yang solid  dan bekerja sama dan saling menghargai, menanamkan kesolidaritas kepada tim akan membuat kepercayaan diri bagi tim dan akan meminimal terciptanya penghianatan, serta seorang pemimpin harus Jeli memilih orang -orang yang pegang peranan, orang- orang yang berkualitas dan mau bekerja untuk tim.

 

4. Menjadi Contoh yang Hebat.


Memberi contoh yang baik untuk anggota tim sangat utama bagi seorang pemimpin bukan berarti kita hanya sekedar memerintah saja tetapi bagaimana kita  menjadi contoh yang baik, kita tunjukkan bahwa apa yang kita perintahkan kita juga mampu melaksanakannya.


5. Dukunglah Inovasi


Dalam membangun Inovasi sebagai pemimpin Alexander membangun  sistem Informasi sehingga mudah mengetahui situasi dan kondisi yang ia hadapi, Inovasi yang baru dapat menjadikan ide - ide baru bagi kemajuan dari tim dan tidak kalah pentingnya untuk mengevaluasi dari Inovasi lama. 


6. Atur Cara Untuk Mengidentifikasi Kelompok


Menumbuhkan kebersamaan, menanamkan rasa memiliki, menciptakan kedisiplinan, dan menanamkan rasa bersyukur  bisa menjadikan  identitas dalam sebuah kelompok sehingga bisa menanamkan pengaruh yang mendalam bagi bawahan.


7. Dukung dan Support Pengikut

Dukung dan support pengikut, dukung bawahan jika diantara mereka ada yang memiliki ide ide cemerlang, beri perhatian khusus kepada mereka, ciptakan komunikasi yang baik serta memberikan pujian dan penghargaan kepada mereka yang berprestasi. 


8.  Lakukan Pelatihan Dan Pengembangan Bagi Pengikut

Sebagai seorang pemimpin sebaiknya memberikan pelatihan untuk pengembangun wawasan,  update perkembangan yang bisa menambah pengetahuan dan ini sangatlah dibutuhkan oleh anggota tim, 

Jeli melihat kekurangan wawasan bagi anggota - anggota tim nya agar supaya bisa memberikan pelatihan - pelatihan tambahan kepadanya, sehingga mereka tau bahwa Apa yang harus kita lakukan mesti dipersiapkan dengan baik.


9.  Berfikir Dan Bertindak Cepat


Berfikir dan bertindak cepat akan membuat masalah tidak berlarut larut. Apabila masalah dibiarkan akan menjadi lebih sulit untuk menyelesaikannya. Seperti pula jika mendapatkan ide ide cemerlang haruslah cepat mengambil keputusan dan akan segera dilaksanakan. Terlalu lama berfikir dan mengambil keputusan akan memperlambat kemajuan dari suatu tim. 


10. Bekerja dengan Otak dan Otot


Bekerja dengan otak dan otot merupakan keunggulan  yang akan menghasilkan nilai tambah. Bukan hanya otak yang kita andalkan, tetapi mesti menyeimbangkan tenaga dan fikiran agar dia sejalan, maksudnya sebagai seorang pemimpin yang hanya memiliki ide - ide cemerlang tetapi tidak mampu untuk mengeksekusi atau hanya mengandalkan anggota tim saja akan membuat hasil yang kurang maksimal.  


Soichiro Honda


Kita dapat belajar dari Soichiro Honda adalah bahwa honda tidak hanya bekerja dengan otot saja tetapi ia juga bekerja dengan otak, itulah yang membedakannya dengan ahli mesin lainnya. Sehingga sampai sekarang Honda dikenal sebagai ahli mesin yang sangat sukses. 


10 Tips Cerdas Seorang Pemimpin Ala Alexander dan Masi banyak lagi Inspirasi seorang pemimpin, bahkan strategi cerdas dari Alexander yang dapat kita contoh, 


Marilah kita mengambil contoh ke orang orang yang sudah sukeses. Semoga kita juga bisa sukses seperti mereka Aaminn Yarabbal Alamin.

 By Azzam

Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "10 Tips Cerdas Seorang Pemimpin Ala Alexander "