Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Internet, cara kerja serta 8 komponenya - kabar komputer

Pengertian Internet, cara kerja serta 8 komponenya - Internet sangatlah popular saat ini, dimana  jaringan internet sangat di perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan manusia dari yang mudah hingga yang sangat sulit dan juga penggunanya dari kalangan anak anak hingga orang dewasa,  internet tentunya berperan penting keberadaannya bagi kepentingan manusia yang sangat di butukan baik itu untuk mengirim atau bertukar kabar.  Untuk mengetahui apa itu internet,dan bagaimana cara kerjanya serta komponennya ? pada artikel ini kita coba untuk membahasnya.

Pengertian Internet, cara kerja serta 8 komponenya

pengertian internet, cara kerja serta 8 komponenya

Pengertian internet

Internet merupakan teknologi yg kita gunakan sehari-hari tapi banyak dari kita yg belum mengetahui sebenarnya internet itu apa dan bagaimana cara kerja nya. 

Internet adalah jaringan yang saling terhubung menggunakan protokol TCP/IP sehingga dapat mengirimkan kan informasi dengan komputer yang satu dan lainnya informasi informasi yg bisa di kirim kan sangat beragam mulai dari ayper Texs aplikasi web ,surel(surat elektronik)atau email, suara , audia, gambar maupun Vidio.

Cara Kerja Internet

Cara kerja internet adalah proses penyaluran informasi informasi tersebut melalui router menggunakan protokol TCP IP antar komputer yang saling terhubung. Pembahasan yang perlu di ketahui mengenai cara kerja internet, selain itu sejarah singkat mengenai internet. 

Internet sendiri berasal dari Amerika serikat pada tahun 1960an di mana pada saat itu dapertemen pertahanan Amerika serikat mengembangkan apa yang di sebut ARPANET alias advanced received projects agensi network .yg di tujukan untuk menyalurkan informasi jarak jauh seiring berjalannya waktu pihak-pihak yang menjalankan ARPANET ini semakin bertambah dan pada tahun 1990 projek ARPANET resmi di tutup .

Cara kerja internet secara lengkap yaitu dengan memanfaatkan kan alamat IP yang menjadikan penghubung di antara server server di seluruh dunia.

8 Kompenen- Komponen Internet.

Meskipun cara kerja internet sangat sederhana semuanya itu bisa berjalan di karenakan berbagai komponen yang ada di dalamnya yang saling terpengaruhi dan sanagat menentukan arus informasi antar komputer beberapa komponen dia antarnya sebagai berikut :

1. www (world wide web) 

www merupakan  internet server yang di dukung oleh aplikasi hypertexst untuk di akses oleh beberapa protokol antar muka yang di akses melalui web seperti email, telnet, dan ftp. Kebanyakan pengguna internet mengatakan www adalah  internet,tetapi yang sebenarnya  www merupakan fasilitas internet yang dapat menghubungkan kita untuk masuk ke halaman web, sementara halaman web adalah sebagai tempat menyimpan dan memperoleh informasi  baik berupa gambar, audio maupun teks dan dapat dikunjungi melalui  browser – browser sebagai fasilitas Internet. Contoh penggunaannya adalah  www.kabarkomputer.com

Fungsi www adalah sebagai Search Engine, digunakan sebagai web Hosting, Portal dan Web Mail Service

2. Email

Email atau surat elektronik merupakan layanan yg memudahkan pengiriman pesan melalui email yg di terimah dalam hitungan detik saja. 

Untuk Email memiliki Sintaks yaitu username@hostname dimana username adalah nama yang disiapkan oleh pengguna internet sementara hostname adalah protocol yang digunakan pada layanan pengiriman email.


3. Telnet

Telnet merupakan program yang di gunakan untuk login ke komputer  sehingga bisa di akses database online.


4. FTP ( File Transfer Protokol)

Ftp merupakan metode yang di gunakan untuk mentransfer file dari komputer yang satu dengan yang lainnnya di internet.

5. Usnet News

Merupakan sistem diskusi di mana jutaaan komputer salaing bertukar informasi di dalam banyak komputer.

6. IRC ( Internet Relay Chat)

IRC  merupakan system Clien Server yang digunakan sebagai perintah talk pada unix system ini dapat mengetahui pengguna yang log on pada host – host tertentu.

7. Gopher 

Gopher digunakan  sebagai pencari sekaligus mengambil informasi dengan system Clien dan server yang berbentuk teks, gambar, binary maupun audio.

8. Shell

Shell  merupakan fasilitas internet dalam bentuk perintah – perintah unix dengan menggunakan Sistem Operasi Unix pula.

Jaringan broadcast yang memiliki saluran komunikasi tunggal yang di pakai bersama samapada jaringan poin to poin.

Demikian Pengertian Internet, cara kerja serta 8 komponenya -  Setelah mengetahui pengertian,cara kerja serta komponen dari internet dapat di simpulkan bahwa internet di zaman sekarang  sangat berkembang apapun pekerjaan yang sulit yang berasal dari internet dapat di selesaikan dengan begitu mudah,serta dapat menggunakan internet dengan begitu mudah.


Penulis Tanti 


Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Pengertian Internet, cara kerja serta 8 komponenya - kabar komputer"