Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Jaringan LAN, Hardware, Software dan Tujuan Instalasinya

pengertian jaringan lan, hardware, software dan tujuan  instalasinya

Pengertian Jaringan LAN, Hardware, Software dan Tujuan  Instalasinya, Jaringan Komputer merupakan hubungan dari beberapa komputer yang saling terkait dari satu Komputer dengan Komputer lainnya dan memiliki tujuan yang sama. Dilihat dari jangkauannya jaringan Komputer Komputer terdiri dari Jaringan LAN, MAN dan WAN.

Pengertian Jaringan LAN, Hardware, Software dan Tujuan  Instalasinya 

Jaringan  LAN  adalah sekumpulan perangkat komputer dengan perangkat jaringan yang saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi dalam suatu ruangan atau gedung. LAN juga dapat diartikan sebagai jaringan komputer berskala kecil biasanya digunakan pada suatu perusahaan, pemerintahan, Rumah sakit.

Jaringan LAN banyak digunakan dalam mengaplikasikan sebuah jaringan komputer karena mudah dalam instalasi dan perangkat yang digunakan sederhana dan terjangkau.

Hal – hal yang dibutuhkan dalam membangun jaringan LAN yaitu

Hardware 

Hardware adalah perangkat computer yang dalam bentuk benda atau bisa disebut perangkat keras, untuk jaringan LAN perangkat keras yang dibutuhkan adalah.

1. Komputer Server

Komputer server dibutuhkan sebagai penyedia layanan yang akan melayani komputer client dan yang akan menjadi pusat pengaturan kontrol jaringan yang akan kita buat. 

2. Komputer Client

Pada jaringan LAN di perlukan komputer clien sebagai perangkat utama untuk saling berkomunikasi,  Komputer Clien merupakan  komputer yang akan menerima pelayanan dari komputer  Server  yang  telah disediakan sebelumnya.

3. Network Interface Card (NIC).

NIC merupakan perangkat jaringan yang berfungsi sebagai interface dari kabel jaringan ke komputer. Ada 2 jenis NIC pada jaringan Komputer.

NIC Fisik

pengertian jaringan lan, hardware, software dan tujuan  instalasinya

Merupakan NIC secara fisik atau hardware yg difungsikan pada komputer untuk menghubungkan pada suatu jaringan, biasanya NIC ini terletak pada motherboard dengan jenis port tertentu seperti port RJ-45 dan terletak di bagian back panel sebuah motherboard personal komputer.

NIC Logis

Kartu yang  tidak memiliki bentuk fisik atau hardware tetapi  NIC yang menggunakan software sebagai virtual NIC.

4. Kabel UTP atau Unshelded Twister Pair

Jenis kabel UTP digunakan pada jaringan LAN dengan Topologi STAR, sebagai tempat jalur komunikasi data pada sebuah jaringan, ataupun  sebagai media transmisi dari satu komputer ke perangkat lainnya.

pengertian jaringan lan, hardware, software dan tujuan  instalasinya

Kabel UTP terdiri dari 2 macam yaitu 

  1. Kabel Straigh yang berfungsi untuk menghubungkan 2 perangkat jaringan yang berbeda seperti menghubungkan antara komputer dengan swicth, komputer dengan router dan lain sebagainya.
  2. Kabel Crossover yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan yang sama seperti menghubungkan antara swicth dengan swicth, komputer dengan komputer, router dengan router dan yang lainnya.
pengertian jaringan lan, hardware, software dan tujuan  instalasinya



5. Switch atau  Hub

Switch digunakan sebagai konsentrator yang menghubungkan semua perangkat jaringan dan menjadi pusat tranmisi data. Sebagai penghubung dari satu perangkat jaringan keperangkat jaringan lainnya. Seperti menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya, menghubungkan komputer clien dengan komputer server dan yang lainnya.

pengertian jaringan lan, hardware, software dan tujuan  instalasinya

6. Repeater

Repeater merupakan perangkat jaringan yang digunakan sebagai  untuk memperkuat sinyal agar lebih memperlancar proses komunikasi  data jika jarak yang dihubungkan cukup jauh.

pengertian jaringan lan, hardware, software dan tujuan  instalasinya

7. Router

Router digunakan sebagai pengatur dan pembagi  jaringan, atau biasa disebut Sebagai pengatur jalur pentransmisian data pada jaringan.

pengertian jaringan lan, hardware, software dan tujuan  instalasinya

Software 

Software adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan hardware dengan system atau dengan perangkat lunak lainnya. Software dapat mengidentifikasi program yang ada pada komputer, serta dapat menerjemahkan perintah yang dalam bentuk bahasa mesin.

Pada jaringan LAN terdapat  2 jenis Software yaitu :

1. Sistem Operasi 

Untuk membangun jaringan LAN  Sistem operasi merupakan kebutuhan yang harus ada,  Server yang kita gunakan tentunya harus sudah terinstal Sistem Operasi yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam menyetting sebuah Jaringan LAN system operasi yang biasa digunakan yaitu, Sistem Operasi windows ataupun Linux.

2. Sistem Operasi Client

Sistem operasi yang digunakan merupakan sistem operasi yg lebih sederhana dibandingkan dengan sistem operasi yang digunakan oleh server. Kebanyakan pengguna atau Clien jaringan menggunakan Sistem operasi Windows. 

Desain Jaringan LAN

Dalam membuat sebuah jaringan diperlukan desain yang baik dan jelas agar mudah dalam melakukan instalasi.  Desain jaringan biasa juga disebut dengan topologi jaringan, Pada proses  Instalasi, topologi sangatlah membantu karena sebagai  acuan untuk melakukan konfigurasi serta instalasi perangkat pada jaringan. Dan juga sangat membantu jika terjadi troubleshooting pada jaringan yang kita buat agar mudah dalam melakukan perbaikan dan perawatan jaringannya.

Tujuan Instalasi LAN - Local Area Network 

Instalasi  jaringan LAN bertujuan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan acuan topologi dan aturan atau protokol tertentu agar dapat saling berkomunikasi dan saling berbagi antara  komponen hardware dan software.


Kesimpulan:

Pengertian Jaringan LAN, Hardware, Software dan Tujuan  Instalasinya. Jaringan lokal (LAN) merupakan jaringan yang sederhana, biasanya digunakan di perusahaan dan laboratorium sekolah.Jaringan LAN digunakan untuk pemanfaatan fasilitas bagi pakai dan fasilitas lainnya pada jaringan karena instalasi dan perawatannya yang mudah.Desain jaringan juga menjadi penentu kebutuhan hardware atau software pada jaringan.selain itu desain jaringan juga bisa dijadikan panduan untuk konfigurasi jaringan.


Penulis Darmawati



Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Pengertian Jaringan LAN, Hardware, Software dan Tujuan Instalasinya"