Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Jaringan 5g Dan Manfaatnya | Kabar Komputer

pengertian jaringan 5G

Pengertian Jaringan 5g Dan Manfaatnya - Saat ini kita sudah memasuki  zaman milineal tentunya pasti ada perubahan dan pengembangan yang sangat pesat, Contoh nya jaringan internet. Nah,saat ini sudah ada jaringan 5G yg dapat di akses di negara Indonesia, Secara resmi Telkomsel menjadi operator pertama yang menggelar layanan 5G.

Pengertian Jaringan 5g Dan Manfaatnya | Kabar Komputer

Apa itu jaringan 5G?

Jaringan 5G merupakan generasi ke lima layanan teknologi komunikasi yg mempunyai kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya yaitu 4G.


Jaringan 5G mampu melakukan download dengan kecepatan hingga 20 Gbps. Jaringan 5G 20 kali lebih cepat dari jaringan 4G yg kecepatan unduh nya mentok nilai 1 Gbps dan dibutuhkan waktu 6 menit Untuk mendownload film 3D pada jaringan 4G sedangkan pada jaringan 5G membutuhkan waktu sekitar 30 detik.

Selain kecepatan nya yang super ngebut jaringan 5G juga bermanfaat untuk berbagai kebutuhan.

Manfaat Jaringan 5G

  1. Manfaat dalam bidang kesehatan bisa digunakan layanan jarak jauh (Telehealth). Nantinya dokter bisa mengoperasi pasien yang jarak nya jauh dengan menggunakan robot yang terkoneksi.
  2. Manfaat dalam bidang pendidikan dan hiburan dengen menggunakan teknologi VR dan AR.
  3. Manfaat dalam bidang industri bisa mencakup pengawasan real time dengan menggunakan drone, pengendalian kendaraan berat secara online,hingga pemosisian dan pelacakan mobil.

Pada saat Asian Games 2018 Mobil otonom telah  dikendalikan secara remote sendiri sempat diperkenalkan di Indonesia saat. Dengan menggunakan metode remote driving pada  Bus tanpa sopir ini koneksi 5G, dan bus tersebut bisa dikendalikan jarak jauh secara real time.

Jadi, Kapan jaringan 5G dapat di akses?

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan bahwa layanan 5G dari Telkomsel mulai bisa dinikmati pada 27 Mei mendatang secara terbatas dan bertahap.


Demikian Pengertian Jaringan 5g Dan Manfaatnya semoga artikel ini  bermanfaat untuk kita semua, Jika 

Terima kasih semoga bermanfaat

Penulis  M.Naimul Qurob SMKN 1 LUTIM 2021

pengertian jaringan 5g dan manfaatnya



Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for " Pengertian Jaringan 5g Dan Manfaatnya | Kabar Komputer"