Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Bandwidth, Pengertian serta Faktornya - Kabar Komputer

manajemen bandwidth pada mikrotik serta faktor yang mempengaruh

Manajemen Bandwidth, pengertian serta Faktornya - Saat ini, perkembangan dunia sudah semakin pesat. Hadirnya alat teknologi seperti computer sangat memberikan mudarat bagi kehidupan manusia. Mulai dari segala dimensi kehidupan sekarang telah menggunakan peralatan canggih ini karena lebih efektif dan efisien tentunya.

Kemajuan dunia komunikasi juga sangat berkaitan erat dengan lahirnya internet. Bahkan saat ini, rasanya segala pekerjaan manusia akan menjadi lumpuh tanpa akses jaringan yang memadai. Tanpa kenal usia, jenis kelamin, bahkan daerah geografis tempat tinggal, karena dengan internet semua bisa saling terhubung dengan mudah.

Manajemen Bandwidth, Pengertian serta Faktor Yang Mempengaruhi

Sudah terbayang bukan sebagaimana besar jumlah pengakses internet dalam satu daerah? Namun, apakah kalian mengetahui bagaimana semua user computer pengakses internet tersebut bisa memakai jaringan secara cepat serta lancar walaupun dipakai secara bersama?

Di sinilah andil Bandwidth akan terlihat.

Apa yang dimaksud dengan Bandwidth?

Bandwidth ialah satu nilai pemakaian data yang terlihat dalam bentuk bit/detik dan selalu dikenal dengan bit persecond (bps) antar server dengan client dalam waktu yang telah ditentukan. Bahasa ini diambil daripada bidang teknik listrik, yaitu bandwidth mempertunjukkan tenggang atau yang berpusar antara yang paling tinggi hingga terendah pada jalur jaringan, atau singkatnya menunjukkan per unit waktu.

Faktor yang Mempengaruhi Bandwdth.

  • Peranti Internet
  • Topologi Internet
  • Banyaknya pemakai Jaringan Saat itu
  • Spesifikasi Komputer client/user
  • Cuaca


Manajemen Bandwidth

Mengapa perlu adanya manajemen Bandwidth? Dikarenakan Fasilitas Bandwidth yang terbatas, tidak sesuai dengan kebutuhan client, dan akan habis saat pengalokasian ke beberapa perangkat saja.

Jadi itulah mengapa diperlukan manajemen Bandwidth.

Demikian Manajemen Bandwidth, Pengertian serta Faktornya semoga bermanfaat.


Penulis Ayu Nur Fadilah SMKN 1LUTIM 2021

Penulis



Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Manajemen Bandwidth, Pengertian serta Faktornya - Kabar Komputer"