Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Wifi dan Fungsinya | TKJ SMKN 1 LUTIM

Pengertian Wifi dan Fungsinya

Pengertian Wifi dan Fungsinya – Di zaman sekarang akses untuk menghubungkan perangkat dengan internet menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk mendukung mobilitas dikehidupan sehari-hari. Dengan internet banyak kegiatan yang dapat dengan mudah dilakukan, misalnya saja berhubungan dengan seseorang yang jaraknya jauh menggunakan telepon melalui aplikasi Whatsapp yang terhubung dengan internet. Umumnya menghubungkan perangkat dengan internet dapat dilakukan dengan Wi-Fi, namun apakah arti sebenarnya dari wifi itu?

Pengertian Wifi dan Fungsinya 

Pengertian dan Fungsi Wi-Fi–Pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh perusahan NCR Coporation dan AT&T atau American TelephoneandTelegraph Company Inc, Wi-Fi sendiri merupakan singkatan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah teknologi komunikasi yang menghubungkan dua perangkat atau lebih agar dapat saling bertukar informasi melalui gelombang radio yang biasa kita sebut dengan nirkabel atau tanpa kabel. 


Apakah Wi-Fi itu Penyedia Internet? – Pada umunya sebagian orang masih keliru akan hal ini, dan menganggap bahwa wifi itu adalah sebuah layanan penyedia internet. Lalu jawaban yang benar seperti apa sih? seperti yang sudah kita bahas diatasdimanawifi itu hanyalah sebuah teknologi komunikasi yang secara fungsional digunakan untuk saling bertukar informasi yang berbasis nirkabel atau wireless. Lalu internet itu sebenarnya darimana? Jawabannya adalah dari penyedia layanan internet atau yang kita kenal sebagai internet serviceprovider(ISP) yang dihubungkan kerumah atau kantor para costumer melalui sebuah alat bernama Modem (Modulator Demodulator) kemudian dari Modem diteruskan ke Router sebagai alat yang fungsinya mengarahkan paket internet kemudian dihubungkan ke sebuah alat bernama Access Point yang gunanya mengirim paket internet ke sebuah perangkat costumer, entah itu handphone ataupun komputer, dan Access Point inilah yang sering disebut sebagai wifi karna sifatnya nirkabel atau wireless


Tambahan – Setelah melihat pembahasan diatas maka bisa disimpulkan bahwa ada Wifi bukan berarti ada internet, karena Wifi itu hanya sebagai media pendukung untuk mengirimkan paket internet ke tujuannya.

Berbicara soal media atau alat penyedia internet, mungkin kita sering melihat di kantor ataupun dirumah kalian bahwa alat penyedia internetnya hanya memiliki 1 alat saja, hal ini wajar saja karna pada alat itu sudahtersedia Modem, Router, Switch/Hub ataupun Access Point didalamnya

Demikian Pengertian Wifi dan Fungsinya, selanjutnya kami akan membahas tentang bagaimanan memasang wifi, dan mengenal wifi indihome. sekian darim kami.


-WriterbyFhary

fahri


Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Pengertian Wifi dan Fungsinya | TKJ SMKN 1 LUTIM"