Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop Windows 10 terlengkap - kabarkomputer

5 Cara mengatasi layar hitam pada laptop windows 10 terlengkap - Jika anda mengalami masalah layar hitam pada saat masuk ke windows dalam versi tertentu, apakah kamu sudah mencoba memperbaikinya tapi belum ada tanda-tanda bahwa hal itu akan kembali lagi?

Mungkin saat sekarang anda lagi mengalami masalah ini dan akan berfikir dengan biaya yang akan dikeluarkan saat akan servis di konter laptop.

5 Cara mengatasi layar hitam pada laptop windows 10 terlengkap

Tanpa kalian sadari  masalah yang terjadi pada laptop anda, bisa ditangani oleh kalian sendiri tanpa mengeluarkan sejumlah uang untuk mengatasinya.

Berikut adalah 5 cara memperbaiki layar hitam pada laptop anda.

Jadi, jika anda mendapatkan layar hitam pada laptop tersebut,sebelum masuk di layar welcome/welcome Screen cobalah tindakan dibawah ini.

Cara 1 Mengatasi layar hitam Laptop

Cara pertama Mengatasi layar hitam windows 10 yaitu Jika menggunakan full keyboard, anda bisa menekan Caps Lock dan NumLock nya untuk melihat apakah lampu status dari tombol tersebut telah aktif .

Apabila lampu status tersebut aktif , maka anda diarahkan untuk menekan Windows Logo+Ctrl+Shift+B pada keyboard. 

Jadi ada 4 yang diperintahkan untuk anda tekan, jika layar windows pada laptop anda Responsive maka akan terdengar suara “Bib” yang singkat dan layar pada laptop anda akan beredup yang artinya windows anda akan mencoba merefresh layar terebut.

Nah, ketika anda sudah mendengar bunyi “Bib” dari laptop anda, selanjutnya  dilakukan dengan menekan tombol Ctrl+Alt+Del dan anda akan diperlihatkan dengan beberapa pilihan yaitu : 

  • Lock
  • ,Switch User,
  • Sign Out,
  • Task Manager  
  • Cancel .

Dari pilihan tersebut anda bisa memilih Switch User, apabila  anda tidak bisa login pada pilihan tersebut , anda bisa merestart PC anda dengan menekan sekitar 10 Detik Hingga Laptop Mati.kemudian anda bisa menyalakan kembali Laptop anda , ketika Laptop tersebut bisa login ke layar windows anda artinya kalian berhasil mengatasi masalah layar hitam pada laptop tersebut.

Nah , ketika cara diatas tidak berhasil untuk mengatasi masalah pada layar laptop anda maka kita akan menuju 

Cara  2 Mengatasi layar hitam Laptop

Periksa Koneksi Kabel Yang terhubung Ke PC/Laptop ini untuk Komputer (PC), Jika anda menggunakan laptop , anda bisa meningkatkan kecerahan layar pada keyboard anda.

Baca Juga Cara meningkatkan kecerahan layar melalui keyboard

Jika cara tersebut juga tidak berhasil anda bisa mencoba cara yang ketiga

Cara 3 Mengatasi layar hitam Laptop

Cara ketiga yaitu menghapus antivirus dari pihak ketiga, Antivirus pihak ketiga seperti AVG, Kaspersky,Avast, Bitdefender .

Jika tidak bisa login, maka anda menuju  pada Safe Mode untuk matikan Anti Virus tersebut , adapun cara masuk pada Safe mode yaitu, Matikan terlebih dahulu PC/Laptop , kemudian anda tekan Restart + tombol Shift, sampai masuk pada system recovery.  

Setelah anda berada pada safe mode , anda bisa menghapus anti Virus atau uninstall Anti Virus anda terutama pada pihak ketiga . jadi, jika anda menggunakan windows 10 dan masih banyak Anti Virus lainnya  anda bisa meng uninstall atau menghapus terlebih dahulu.

Baca Juga Cara Uninstal Anti Virus

Setelah terhapus, anda bisa merestart apakah cara tersebut bisa digunakan. Kemudian jika cara tersebut masih tidak bisa digunakan anda bisa melakukan cara yang keempat

Cara 4 Mengatasi layar hitam laptop

Pada cara keempat anda bisa menjalanka Clean Boot . Clean Boot berguna untuk memproses normal windows 10 ,clean boot berada di safe mode karena anda belum bisa login pada windows.

Nah yang anda harus  lakukan  yaitu mencari msconfig pada search STAR di pojok kiri bawah.

Cara tersebut dilakukan ketika anda masih berada di safe mode, karena anda belum bisa login ke normal mode . kemudian anda bisa masuk pada System Configuration 

Setelah muncul tampilan tersebut, anda bisa masuk pada pilihan  Services kemudian ceklis pada pilihan Hode all Microsoft Service , lalu masuk pada Desable All.

Langkah selanjutnya adalah anda bisa menuju pada star tup dan masuk pada Open Task Manager

Pada pilihan Open Task Manager ada beberapa pilihan yang harus anda ubah

Pada pilihan tersebut anda bisa mengubah  Enable menjadi  Disable. Setelah semua file diubah anda bisa keluar dari pilihan tersebut , dan kembali pada pilihan Star tup dan mengklik pilihan Apply dan ok .

Setelah langkah tersebut, akan muncul peringatan di layar Laptop anda. 

Nah dalam peringatan tersebut, anda diminta Merestart Kembali Laptop tersebut untuk melakukan perubahan. Setelah direstart, anda bisa melihat apakah masalah  pada laptop anda telah selesai.

Biasanya Cara ke empat ini sangatlah manjur pada masalah Laptop yang terkena Black Screen, Namun apabila belum  bisa anda bisa melanjutkan dengan cara yang terakhir .

Cara 5 Mengatasi layar hitam laptop

Cara yang terakhir ini, apakah anda mendapatkan masalah layar hitam ataupun tidak, normal atau tidak saya sarankan anda untuk mengupdate Graphic Card anda .

Jadi, kartu graphic draiver anda perlu di update. Nah, untuk menentukan apakah ada masalah  pada Kartu graphic , anda bisa login pada wab kartu graphic dan mencari draiver kartu grapich yang terbaru dan yang paling cocok untuk Windows pada laptop  anda.

Adapun sedikit kesimpulan yang telah saya ambil dari Penjelasan tersebut ada  5 tutorial mengatasi masalah layar hitam pada laptop anda, apabila cara antara 1,2,3 dan 4 berhasil , anda harus menjalankan cara yang terakhir biarpun laptop anda tidak mengalami kerusakan apapun.

Itulah 5 Cara Mengatasi Layar Hitam Windows 10 terlengkap sedikit penjelasan dari saya tentang bagaimana cara menangani PC/Laptop yang terkena layar hitam, apabila cara yang telah saya paparkan tersebut juga belum bisa, anda bisa mengunjungi artikel lainnya.

Sekian dan Terimakasih

 

Penulis Musdalipah

Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "5 Cara Mengatasi Layar Hitam pada Laptop Windows 10 terlengkap - kabarkomputer"