Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi – Kabar Komputer

bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi - Jalan keluar Keyboard Laptop Tidak Berperan, Elemen hardware pada Laptop yang juga sangat penting selainnya monitor ialah keyboard. Keyboard sebuah perangkat keras atau hardware yang mempunyai peranan sebagai alat input atau saran watak dan perintah ke satu unit Laptop. tetapi, ada saatnya secara mendadak keyboard Laptop kita mati atau mungkin tidak berperan. lantas bagaimanakah kah jalan keluarnya ?

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Kesempatan ini kami akan mengulas  Jalan keluar Tangani Keyboard Tidak Berperan. Permasalahan ini umum terjadi pada Laptop merek apa saja misalkan HP, Asus, Lenovo, Toshiba, Dell bahkan juga Laptop sekelas Alienware. umumnya ada banyak factor pemicu mengapa keyboard pada Laptop tidak dapat dipakai entahlah satu tombol atau bahkan juga semua tombol.

Penyebab Keyboard Error

Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan keyboard error adalah 

  1. Laptop Kesiram Air / Kehujanan
  2. Laptop Terbanting / Jatuh
  3. Driver Error
  4. Ada Kotoran Atau Debu Yang Menutup

Tipe - Tipe Kerusakan dan Jalan keluar Keyboard Error

Kerusakan pada keyboard Laptop ada berbagai - jenis, dan langkah pengatasannya berlainan untuk masing-masing kerusakan. Berikut sebagai kerusakan dan jalan keluarnya.

1. Tombol Tidak Dapat Di Pencet

Kerusakan ini ialah yang tersering terjadi pada sebagian besar Laptop, tanda-tandanya ada banyak tombol yang tidak bisa di pencet. misalkan tombol escape atau delete. umumnya, jalan keluar untuk permasalahan ini cukuplah sederhana yakni dengan bersihkan antara keyboard Laptop dari debu atau tersisa makanan.

Langkah bersihkan keyboard cukup hanya membalikan Laptop 45 sampai 75 derajat kebawah dan sedikit di goyangkan. berharap dikenang jika yakinkan Laptop telah pada kondisi mati dan tidak tercolok dengan arus listrik.

2. Keyboard Vacuum Cleaner

Beli Vacum Cleaner yang ada di beberapa toko peralatan komputer yang berada di kotamu.

3. Tombol Keyboard Tidak Berperanan Lebih Dari Satu

  1. Tombol seperti ketekan terus
  2. Bunyi "beeep" terus-terusan
  3. Lebih dari 1 tombol tidak dapat di pencet

Bila kalian alami hal yang berada di atas, karena itu jalan keluar yang dapat kamu kerjakan cukup sulit karena harus membedah keyboard Laptopnya ialah seperti berikut :

  1. Cabut kabel pengisi daya dan battery yang dipasang pada Laptop itu.
  2. Buka casing Laptop atau keyboardnya langsung. (berharap waspada dalam langkah ini)
  3. Cek satu-satu ciklet atau kepingan keyboard yang ada, adakah kecacatan atau kerusakan.
  4. Bersihkan permukaan keyboard dengan cairan pencuci seperti alkohol.
  5. Kemudian pasang lagi keyboardnya.
  6. Saat ini pasang lagi battery dan atau pengisi dayanya, check dengan notepad apa semua peranan keyboard dapat dipakai kembali.

4.  Tombol Huruf Menjadi Angka Pada Keyboard Laptop

Kasus ini gampang terjadi umumnya bila kita usai memakai keyboard usb atau external keyboard. kasusnya bila kita memencet tombol (m, j, k , l, u, i, o, ) yang ada malah angka 123456789. Ini dapat muncul karena peranan numlock pada keyboard masih aktif hingga huruf pada keyboard Laptop beralih menjadi angka.

5. Peranan Numlock Pada Keyboard

Jalan keluar keyboard error semacam ini lumayan gampang, yakni dengan memencet tombol Fn dan memencet tombol Numlock (umumnya ada pada bagian atas deretan dengan f1-f12. kemudian coba di test kembali.

Apabila sudah terlanjur hancur tanpa tahu pemicu tentunya, hal yang perlu kamu kerjakan dengan coba beragam cara genting sebagai usaha untuk dapat kembalikan peranan keyboard Laptop. Apa sajakah? Berikut, team Qoala telah meringkas beragam langkah membenahi keyboard Laptop yang tidak berperan beberapa atau keseluruhan. 


Atau jika ingin mengecek Keyboard keseluruhan ikuti langkah langkah berikut ini :

1. Check Num Lock

Langkah membenahi keyboard Laptop yang pertama dengan memeriksa tombol Num Lock. Salah satunya pemicu keyboard tidak berperan secara mendadak kadang tiba dari kekeliruan pemakai Laptop sendiri.

Salah satunya yang tersering terjadi ialah karena tidak menyengaja aktifkan feature Num Lock. Peranan Num Lock sendiri yaitu berperan untuk mengkonversi sisi keyboard khusus yang berperanan sebagai keypad numerik.

Saat Num Lock aktif, karena itu sebagian keyboard tidak berperan dengan normal. Untuk menonaktifkan Num Lock, kamu dapat memencet tombol Fn dan gabungkan dengan tombol "NumLk" secara bertepatan. Tetapi, ini bergantung dengan tipe atau mode keyboard Laptop yang kamu pakai.

2. Re-start Laptop/Computer

Bila Num Lock memanglah bukan jadi pemicu khusus keyboard tidak berperan, karena itu cara seterusnya yang dapat kamu kerjakan dengan me-restart Laptop atau computer. Me-restart Laptop sebagai salah satunya langkah yang baik untuk menuntaskan beragam persoalan yang terjadi pada Laptop atau computer, terhitung keyboard error.

Bila Laptop tidak memberi respon saat di-restart, kamu dapat cobanya dengan memencet tombol power sepanjang beberapa menit.

3. Kerjakan Sistem Restore

Keyboard Laptop tetap tidak berperan sesudah di-restart? Karena itu langkah membenahi keyboard Laptop selanjutnya yang dapat kamu coba dengan lakukan sistem restore. Bila keyboard Laptop tidak berperan di windows 7 atau windows 8, tentukan Start Menu tulis "Recovery". 

atau , click Start > All Program > Asesoris > Sistem Tools, selanjutnya tentukan "Sistem Restore".

4. Benahi Driver Keyboard

Permasalahan seterusnya yang bisa saja pemicu keyboard Laptop tidak berperan semua ialah karena terjadi error pada driver. Ini dapat terjadi saat meng-install software yang ada virus. Untuk menentukannya, kamu langsung bisa memeriksanya di Piranti Manajer di bagian Keyboard.

Bila kamu mendapati pertanda segitiga kuning, karenanya pertanda driver keyboard yang kamu pakai sedang memiliki masalah. Untuk menanganinya, unduh dan install driver terkini di web sah merk Laptop kamu.

5. Check Penataan Keyboard

Keyboard Laptop menulis sendiri? Bila iya, kemungkinan yang perlu kamu check ialah sisi penataan keyboard. Pada beberapa kasus, keyboard dengan feature program bawaan kadang tidak berperan secara baik. Salah satunya misalnya, bila kamu pernah atur "Repeat Terlambat" terlampau singkat, membuat tombol keyboard saat didesak sekali seperti didesak berulang-kali.

Permasalahan ini dapat kamu tangani dengan cara berikut ini:

  1. Ke Start Menu > Control Panel
  2. Selanjutnya tentukan Ease of Akses
  3. Click tombol Make the keyboard easier to use
  4. Lalu click setting filter key dan tentukan Uncheck All
  5. Apabila sudah ikuti langkah membenahi keyboard Laptop yang tercantum di atas, periksa lagi apa keyboard telah berperan dengan normal. Jika error, non-aktifkan seting Sticky Keys dalam menu di atas.

6. Tukar Lay-out Keyboard

Bila cara-cara membenahi keyboard Laptop barusan belum juga dapat membenahi keyboard Laptop yang tidak berperan semua, karena itu bisa saja pemicu kerusakan keyboard terjadi pada layout-nya. Permasalahan yang terjadi pada lay-out dapat mengakibatkan keyboard masih berperan beberapa, tapi huruf yang didesak tidak sesuai yang ada pada monitor

Untuk membenahi settingan lay-out yang kemungkinan berbeda, kamu dapat ikuti beberapa langkahnya berikut ini:

  1. Click Start Menu
  2. Browsing "Language" pada kolom penelusuran
  3. Tentukan bahasa yang ingin kamu pakai
  4. Tentukan Options, selanjutnya yakinkan tulisan "US QWERTY" berada pada bagian bawah Keyboards pada halaman selanjutnya
  5. Kamu dapat hapus beberapa lay-out keyboard yang tidak dibutuhkan

7. Membersihkan Keyboard dari Debu atau tersisa Makanan

Tidak seluruhnya keyboard Laptop alami hancur keseluruhan, ada pula beberapa tombolnya saja yang tidak berperan, tapi tombol lainnya bisa dipakai dengan normal. Ini bisa saja disebabkan karena debu atau beberapa sisa makanan yang ada pada bagian antara keyboard, hingga tombol keyboard terhalang oleh debu dan tersisa makanan yang menimbun.

Tidak perlu membedah keyboard membersihkan dari debu dan kotoran. Kamu perlu ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Yakinkan netbook atau computer pada kondisi mati
  2. Miringkan netbook pada status 90 derajat dengan arah supaya lebih mempermudah kamu untuk bersihkan debu
  3. Pada status miring itu, goyang-goyang kan netbookmu supaya debu atau tersisa makanan yang ada di antara keyboard jatuh
  4. Membersihkan sisi antara dan bawah keyboard dengan selotip
  5. Kerjakan dengan berulang-ulang sampai keyboard betul-betul bersih dari debu dan kotoran yang tebal

8. Connector Lepas

Langkah membenahi keyboard netbook yang tidak berperan semua biasanya perlu dengan memasang driver. Tetapi, bila keyboard netbook masih hancur dan belum teridentifikasi pemicunya, kemungkinan kamu dapat memeriksa connector yang ada di elemen keyboard.

Connector keyboard yang renggang, tertekuk, atau terlepas sudah pasti dapat membuat keyboard tidak berperan dengan normal. Untuk pastikan connector keyboard memiliki masalah atau mungkin tidak, kamu dapat membedah keyboard sendiri dengan melihat beberapa tutorialnya di YouTube. Bila kamu sangsi untuk melakukan, seharusnya berikan ke orang yang pakar.

Connector keyboard yang renggang, tertekuk, atau terlepas sudah pasti dapat membuat keyboard tidak berperan dengan normal. Untuk pastikan connector keyboard memiliki masalah atau mungkin tidak, kamu dapat membedah keyboard sendiri dengan melihat beberapa tutorialnya di YouTube. Bila kamu sangsi untuk melakukan, seharusnya berikan ke orang yang pakar.

9. Terlepas Battery Laptop

Mereset Laptop dipercayai bisa membenahi beberapa permasalahan yang terjadi pada Laptop, satu diantaranya keyboard yang tidak berperan. Dengan ini, bisa saja keyboard Laptop yang hancur dapat berperan kembali. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Matikan Laptop
  2. Sesudah nantikan sesaat, terlepas adaptor dan battery Laptop, lalu biarkan 2-3 menit.
  3. Dalam status battery terlepas, pencet tombol power sepanjang 1 menit
  4. Kemudian, masukan kembali battery Laptop, dan hidupkan

10. Tukar Keyboard Bawaan

Apabila sudah pastikan connector keyboard tidak lepas, tapi keyboard masih memiliki masalah, langkah lain untuk menanganinya dengan menukar keyboard bawaan. Langkah membenahi keyboard Laptop ini dipercayai menjadi jalan keluar untuk membenahi keyboard Laptop yang tidak berperan.

Untuk cari keyboard bawaan, kamu dapat membeli melalui beragam program online. Tetapi yang penting dicatat, yakinkan keyboard bawaan yang kamu membeli sesuai merk dan type Laptop yang kamu pakai. 

Connector keyboard yang renggang, tertekuk, atau terlepas sudah pasti dapat membuat keyboard tidak berperan dengan normal. Untuk pastikan connector keyboard memiliki masalah atau mungkin tidak, kamu dapat membedah keyboard sendiri dengan melihat beberapa tutorialnya di YouTube. Bila kamu sangsi untuk melakukan, seharusnya berikan ke orang yang pakar.

9. Terlepas Battery Laptop

Mereset Laptop dipercayai bisa membenahi beberapa permasalahan yang terjadi pada Laptop, satu diantaranya keyboard yang tidak berperan. Dengan ini, bisa saja keyboard Laptop yang hancur dapat berperan kembali. Berikut beberapa langkahnya:

  1. Matikan Laptop
  2. Sesudah nantikan sesaat, terlepas adaptor dan battery Laptop, lalu biarkan 2-3 menit.
  3. Dalam status battery terlepas, pencet tombol power sepanjang 1 menit
  4. Kemudian, masukan kembali battery Laptop, dan hidupkan

10. Tukar Keyboard Bawaan

Apabila sudah pastikan connector keyboard tidak lepas, tapi keyboard masih memiliki masalah, langkah lain untuk menanganinya dengan menukar keyboard bawaan. Langkah membenahi keyboard Laptop ini dipercayai menjadi jalan keluar untuk membenahi keyboard Laptop yang tidak berperan.

Untuk cari keyboard bawaan, kamu dapat membeli melalui beragam program online. Tetapi yang penting dicatat, yakinkan keyboard bawaan yang kamu membeli sesuai merk dan type Laptop yang kamu pakai. 

Nach itu  Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi jika terjadi permasalahan ada dua opsi yang masih ada yakni dengan membawa ke servis center paling dekat atau memakai keyboard usb external supaya masih tetap dapat menulis secara lancar. 






Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi – Kabar Komputer"