Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

OSI Layer dan Pengertian, Fungsi Serta cara Kerjanya Lengkap - kabarkomputer

OSI Layer dan Pengertian, Fungsi Serta cara Kerjanya
OSI Layer dan Pengertian, Fungsi Serta cara Kerjanya


OSI Layer dan Pengertian, Fungsi Serta cara Kerjanya, akan kita bahasi di artikel ini,  OSI layer memiliki 7 model lapisan ,  Model tersebut digunakan untuk menggambarkan setiap komponen dalam komunikasi data sehingga dapat ditetapkan aturan dan standar mengenai aplikasi dan infrastruktur jaringan. Model OSI berisi tujuh lapisan yang secara konseptual ditumpuk dari bawah ke atas


Pengertian OSI Layer

Open Systems Interconnection (OSI) Model adalah kerangka kerja konseptual yang mendefinisikan bagaimana sistem jaringan berkomunikasi dan mengirim data dari pengirim ke penerima. Model tersebut digunakan untuk menggambarkan setiap komponen dalam komunikasi data sehingga dapat ditetapkan aturan dan standar mengenai aplikasi dan infrastruktur jaringan. Model OSI berisi tujuh lapisan yang secara konseptual ditumpuk dari bawah ke atas. Lapisan-lapisan tersebut meliputi: Fisik, Tautan Data, Jaringan, Transportasi, Sesi, Presentasi, dan Aplikasi


Sejarah Singkat Model OSI

Model OSI didirikan pada tahun 1984 untuk membuat standar cara jaringan dirancang dan peralatan diproduksi. Tanpa Model OSI, tidak akan ada cara standar untuk merancang infrastruktur dan protokol yang digunakan untuk komunikasi, sehingga akan lebih sulit bagi administrator untuk memasang peralatan baru dan mengintegrasikannya dengan jaringan di luar mereka sendiri. Dengan standar ini, administrator dapat merancang infrastruktur mereka sendiri, tetapi peralatan masih dapat berkomunikasi secara universal dengan orang lain.


Ketika Model OSI didirikan, tujuh lapisan didefinisikan untuk mengikuti prinsip-prinsip standar:

  1. Setiap lapisan memiliki tingkat abstraksi yang terpisah.
  2. Setiap lapisan melakukan fungsi yang ditentukan.
  3. Lapisan didefinisikan untuk membuat protokol standar internasional.
  4. Lapisan memfasilitasi komunikasi di seluruh infrastruktur dan aplikasi.
  5. Setiap lapisan sesuai dengan fungsi tertentu dalam komunikasi jaringan.

Mengapa Itu Penting?

Standarisasi komunikasi di seluruh jaringan, termasuk jaringan eksternal (misalnya, internet cloud), memfasilitasi komunikasi terlepas dari mana data dikirim atau dari mana ia diterima. Model OSI memungkinkan produsen untuk membuat protokol dan standar peralatan mereka sendiri sambil memungkinkan interkonektivitas dengan produsen lain.


Manfaat lain dari Model OSI adalah pemecahan masalah yang lebih mudah. Ketika komponen jaringan gagal, atau aplikasi tidak berkomunikasi dengan jaringan, Model OSI membantu administrator memecahkan masalah lapisan mana dan pada dasarnya komponen mana yang gagal.


Tujuh Lapisan OSI

OSI dipecah menjadi beberapa lapisan. Setiap lapisan memiliki fungsi tertentu dan berkomunikasi dan bekerja dengan lapisan di bawah dan di atasnya. Model OSI bersifat konseptual, tetapi desainnya memungkinkan komunikasi fisik dan virtual di seluruh jaringan. Kita akan mulai dengan lapisan 7, yang merupakan lapisan paling atas pada tumpukan.


Lapisan 7 – Lapisan Aplikasi

Layer 7 adalah lapisan yang paling dikenal orang karena berkomunikasi langsung dengan pengguna. Aplikasi yang berjalan pada perangkat mungkin berkomunikasi dengan lapisan OSI lainnya, tetapi antarmuka berjalan pada lapisan 7. Misalnya, klien email yang mentransfer pesan antara klien dan server berjalan pada lapisan 7. Ketika pesan diterima pada perangkat lunak klien, lapisan aplikasi adalah apa yang menyajikannya kepada pengguna. Protokol aplikasi termasuk SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan HTTP, yang merupakan protokol untuk komunikasi antara browser dan server web.


Lapisan 6 – Lapisan Presentasi

Kami menyebutkan bahwa lapisan aplikasi menampilkan informasi kepada pengguna, tetapi lapisan presentasi model OSI adalah yang menyiapkan data sehingga dapat ditampilkan kepada pengguna. Adalah umum untuk dua aplikasi berbeda menggunakan penyandian. Misalnya, berkomunikasi dengan server web melalui HTTPS menggunakan informasi terenkripsi. Presentation layer bertanggung jawab untuk encoding dan decoding informasi sehingga dapat ditampilkan dalam plaintext. Lapisan presentasi juga bertanggung jawab untuk mengompresi dan mendekompresi data saat berpindah dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

OSI Layer dan Pengertian, Fungsi Serta cara Kerjanya Lengkap


Lapisan 5 – Lapisan Sesi

Untuk berkomunikasi antara dua perangkat, aplikasi harus terlebih dahulu membuat sesi. Sesi adalah unik bagi pengguna dan mengidentifikasinya di server jauh. Sesi harus terbuka cukup lama untuk data yang akan ditransfer tetapi masih ditutup setelah transfer selesai. Ketika sejumlah besar data ditransfer, sesi bertanggung jawab untuk memastikan bahwa file sepenuhnya ditransfer, dan transmisi ulang dibuat, jika data tidak lengkap. Misalnya, jika 10MB data ditransfer dan hanya 5MB yang selesai, lapisan sesi memastikan bahwa hanya 5MB yang ditransfer ulang. Transfer ini membuat komunikasi melalui jaringan lebih efisien daripada membuang-buang sumber daya dan mentransfer seluruh file lagi.


Lapisan 4 – Lapisan Transport

Lapisan transport bertanggung jawab untuk mengambil data dan memecahnya menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Ketika data ditransfer melalui jaringan, itu tidak ditransfer sebagai satu paket. Untuk membuat transfer lebih efisien dan lebih cepat, lapisan transport memecah data menjadi segmen-segmen yang lebih kecil. Segmen yang lebih kecil ini berisi informasi header yang dapat dipasang kembali di perangkat target. Data tersegmentasi juga memiliki kontrol kesalahan untuk memberi tahu lapisan sesi untuk membangun kembali koneksi jika paket gagal untuk sepenuhnya ditransfer ke penerima target.


Lapisan 3 – Lapisan Jaringan

Lapisan jaringan bertanggung jawab untuk memecah data pada perangkat pengirim dan memasangnya kembali pada perangkat penerima ketika transmisi melalui dua jaringan yang berbeda. Saat berkomunikasi dalam jaringan yang sama, lapisan jaringan tidak diperlukan, tetapi sebagian besar pengguna terhubung ke jaringan lain, seperti jaringan cloud. Saat data berjalan melintasi jaringan yang berbeda, lapisan jaringan bertanggung jawab untuk membuat paket data kecil yang dirutekan ke tujuan mereka dan kemudian dibangun kembali di perangkat penerima.


Lapisan 2 – Lapisan Data Link

Lapisan jaringan memfasilitasi komunikasi di jaringan yang berbeda, tetapi lapisan data link bertanggung jawab untuk mentransfer informasi pada jaringan yang sama. Lapisan data link mengubah paket yang diterima dari lapisan jaringan menjadi bingkai. Sama seperti lapisan jaringan, lapisan tautan data bertanggung jawab atas kontrol kesalahan dan aliran untuk memastikan transmisi yang sukses.


Lapisan 1 – Lapisan Fisik

Seperti namanya, lapisan fisik bertanggung jawab atas peralatan yang memfasilitasi transfer data, seperti kabel dan router yang terpasang di jaringan. Lapisan ini merupakan salah satu aspek transmisi jaringan, di mana standar sangat penting. Tanpa standar, transmisi antar perangkat pabrikan yang berbeda tidak mungkin dilakukan.


Bagaimana Data Mengalir Melalui Model OSI

Data mengalir dari lapisan 7 ke lapisan 1 dari pengirim, dan kemudian mengalir dari lapisan 1 ke lapisan 7 pada perangkat penerima. Contoh paling sederhana dari aliran komunikasi melalui Model OSI adalah aplikasi email.


Ketika pengirim mengklik "Kirim" pada aplikasi email, pesan dikirim ke lapisan presentasi menggunakan protokol yang ditentukan (SMTP untuk email keluar). Lapisan presentasi memampatkan data dan mengirim pesan ke lapisan sesi, yang membuka sesi untuk komunikasi antara perangkat pengirim dan server keluar.


Pesan dikirim ke lapisan transport dimana data tersegmentasi, dan kemudian lapisan jaringan memecah segmen menjadi paket-paket. Kemudian, paket-paket tersebut dikirim dari lapisan jaringan ke lapisan data link, di mana paket-paket tersebut selanjutnya dipecah menjadi bingkai-bingkai. Frame dikirim ke lapisan fisik di mana data diubah menjadi bitstream satu dan nol dan ditransfer melalui media seperti koneksi nirkabel atau kabel.


Ketika pesan mencapai penerima, prosesnya dibalik. Data dikirim dari lapisan fisik ke lapisan aplikasi, di mana data dikonversi dari bitstream dan nol ke pesan yang tersedia di klien email penerima. Ketika pesan dikirim kembali ke pengirim, proses diulang, dan komunikasi mengalir ke lapisan 1 dari lapisan 7 dan membuat cadangan Model OSI ketika mencapai perangkat penerima.

Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "OSI Layer dan Pengertian, Fungsi Serta cara Kerjanya Lengkap - kabarkomputer"