Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita dan Pria Muslim

  Keutamaan Sholat Tahajjud

Apa itu Sholat Tahajud?

Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita dan Pria Muslim - Secara bahasa, Tahajjud adalah kata kerja lima tindakan dari infinitive ajd, berarti  tahajjud Artinya, begadang di malam hari, dan ini benar untuk shalat malam, sehingga dikatakan: Tahajjud di malam hari, jika dia shalat malam.

Tahajud adalah bangun ditengah malam untuk melakukan ibadah shalat sunnat dan dilakukan karena allah SWT.

Baca Juga Shalat Tahajjud Jam Berapa ?

Apasih Perbedaan Sholat Tahajud dan Sholat Malam?

Dan maqam yang terpuji adalah maqam yang agung dan mulia di hari kiamat, dan maqam syafaat bagi makhluk yang akan diadili di antara mereka, dan maqam itu hanya untuk Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa sallam, ketika beliau bersyafaat dengan Allah SWT, sehingga Allah SWT menerima syafaatnya, dan para rasul, saw, iri padanya untuk peristiwa itu.

Orang yang mengambil contoh Nabi, merupakan orang orang yang mendapat berkah dan hidayah dari Nya, sesuatu selama kita melakukan  shalat malam, dan tak diragukan lagi untuk mendapatkan  posisi terpuji, dan di dalamnya ada kebajikan yang tak terbantahkan.

Shalat malam sering diperintahkan dalam Al-Qur'an: At-Tur: "Dan dari malam, bertasbihlah kepada-Nya, dan pergilah dari bintang-bintang" (At-Tur: 49).

Baca Juga Shalat Tahajjud Berapa Rakaat

Dan Yang Maha kuasa memuji orang-orang yang melakukan sholat malam , dengan mengatakan: "Apakah dia orang yang taat di malam hari, sujud dan berdiri, peringatan akhirat dan berharap untuk rahmat Tuhannya" 

Dan di antara bangsa-bangsa sebelum kita dimana terdapat  orang-orang yang  saleh yaitu mereka  orang-orang yang setiap saat  membaca ayat-ayat Allah, sementara orang-orang tertidur pulas , maka Allah Yang Maha Tinggi memuji mereka untuk itu. 

rang-orang yang bangun dari  tempat tidur untuk beribadah kepada Tuhannya, sujud dan berdiri maka Yang Maha kuasa menjanjikan  tempat tinggal surga kepadanya. 

Yang Maha kuasa berfirman bahwa bagi orang-orang yang bertakwa adalah surga-surga yang penuh kebahagiaan, dan Dia menyebutkan di antara perbuatan-perbuatan mereka bahwa mereka sedikit tidur di malam hari (Al-Dhariyat: 17).

Baca Juga Shalat Tahajud Berjamaah

Dan Yang Mahakuasa menyebutkan bahwa orang-orang yang beriman pada ayat-ayat Allah SWT memberi manfaat bagi hati mereka oleh mereka, sehingga mereka merendahkan diri di hadapan mereka, tunduk kepada mereka, dan terpengaruh oleh mereka, dan mereka terpengaruh oleh pemberitaannya, sehingga meningkatkan mereka dalam pemuliaan. dan ketakwaan kepada Allah SWT, ketundukan, cinta, ketakutan dan harapan. Takut dan rakus ([Al-Sajdah: 16] 

Dan kita tidak menghindari tempat tidur kecuali hati tergerak, dan hati hanya peduli dengan hal-hal yang dikehendaki dan diridohi, dan apakah ada sesuatu di dunia ini,  setelah iman  lebih besar, lebih mulia dan lebih penting daripada beriman  dengan Tuhan Yang Maha kuasa dalam tidur malam dan keheningan ditengah malam?  Hanya mereka yang memiliki hati yang hidup dan hati nurani yang penuh perhatian yang menyadari kebesaran itu, yang mengetahui takdir Tuhan mereka, sehingga mereka memuliakan Dia dengan hak untuk memuliakan Dia, dan bangkit dari tempat tidur mereka untuk keagungan-Nya di malam yang gelap, mengingat, memuliakan , dan mohon ampun.

Mereka tahu kelemahan diri mereka, ketidakmampuan mereka, kehinaan mereka, kebutuhan mereka akan Tuhan Yang Maha Esa, dan kekurangan mereka akan Dia; Maka mereka menanyakan kebutuhannya kepada orang yang memenuhi kebutuhannya, dan mereka memohon ampunan kepada orang yang mengampuni dosa, “Dan siapa yang mengampuni dosa selain Allah” [Al Imran: 135].

Membaca di malam hari lebih kuat untuk kehadiran hati, pengaruh yang lebih besar pada jiwa, lebih hormat, dan lebih banyak perenungan. Itu adalah shalat malam yang paling baik setelah shalat wajib) bahwa malam yang muncul lebih berat dan Tia dan I Qila ([Muzzammil: 6] 

Maka ambillah rejekimu, hamba-hamba Allah, dari malam-malam yang diberkahi ini, yang merupakan malam-malam terbaik, dan hidupkan mereka dengan Al-Qur'an, bacaan, renungan, dan penghormatan. Dia memiliki karunia yang besar, siapa yang memilikinya menang dan bahagia di kedua dunia, dan siapa pun yang merindukannya, demi Tuhan, dia adalah orang yang terzalimi. Al-Munafiqun: 7).

Segala puji bagi Allah SWT, yang telah bermurah hati,  dia memberi banyak untuk sedikit, dan dia mengampuni dosa besar, kita memuji dan berterima kasih kepada-Nya, kita bertobat kepada-Nya dan mencari pengampunan-Nya, dan saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Tuhan saja tanpa sekutu, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, semoga sholawat dan salam atas dirinya, keluarganya, para sahabatnya, dan orang-orang yang mendapat petunjuk dalam hidayahnya hingga hari kiamat.

Maka bertakwalah kalian kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan lakukanlah amal shaleh. Tidak ada yang tersisa bagi seorang hamba di kubur dan di akhirat kecuali kecuali dengan amal shaleh , beriman kepada AllahSWT, maka ia mereka itulah yang tidak  takut kepada kezaliman dan pencernaannya” (Taha: 112).

Sholat malam adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT, orang yang berpuasa tidak berpuasa, dan orang-orang yang beribadah hanya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 

Sholat malam adalah salah satu alasan kecintaan Yang Maha Kuasa kepada hamba-Nya yang tabah, taat, dan siapa di antara orang-orang mukmin yang tidak mengharapkan cinta-Nya, kemuliaan bagi-Nya. 

Abu Al-Darda' radhiyallahu 'anhu, meriwayatkan atas otoritas Nabi, sallallahu 'alaihi wa sallam, dia berkata: "

Ada tiga orang yang Allah cintai

  1. Dia yang memiliki istri yang sholeha, 
  2. Orang  yang selalu bangun dimalam hari untuk beribadah kepada Allah SWT.
  3. Dia meninggalkan keinginannya dan kemudian beribadah kepadaku

Pernahkah kamu melihat, hai hamba-hamba Allah, jika salah satu raja dunia menetapkan tanggal bagi salah satu orang di tengah malam untuk bertemu dengannya sendirian, mendengar keluhannya, dan meringankan kebutuhannya, dan bahkan bertemu dengannya adalah alasan kedekatannya dengannya dan cintanya padanya, apakah Anda melihatnya menikmati tidur malam itu? Tidak, lebih tepatnya dia tidak tidur, dan jika dia tidur, dia tidur terjaga, kepalanya hampir tidak berdenyut kecuali karena takut melewatkan janjinya.

Berapa banyak yang telah Tuhan Yang Maha Kuasa berikan kepada ciptaan-Nya sejak Dia menciptakan kita? Berapa banyak yang dia berikan kepada mereka sementara mereka tidak menaatinya? Dia tidak menahan dari mereka rezekinya, juga tidak menutup hartanya tanpa mereka.

 Sebaliknya, dia memberi dan memberi dan memberi, “Apa yang kamu miliki habis, dan apa yang dimiliki Allah adalah kekal” [An-Nahl: 96] “Sesungguhnya ini untuk rezeki Kami.

Selamat kepada seorang mukmin yang berwudhu di tengah malam ketika orang-orang tertidur, dan dia sendirian dengan Tuhannya, berbicara dengannya, membaca kitabnya, menanyakan kebutuhannya, dan mendesaknya dalam pertanyaannya.  Demi Tuhan, dia tidak tersesat atau kecewa, dan Yang Mulia tidak membalikkannya, dan di malam hari ada satu jam jawaban yang mungkin dia setujui, dan dia akan mendapatkan bagiannya, jadi betapa hebatnya itu. kekayaannya! Dikisahkan Jabir Radhiyallahu 'anhu, dia berkata: Aku mendengar Nabi saw berkata: “Jika di malam hari selama satu jam tidak seorang pria Muslim setuju untuk meminta Tuhan lebih baik dari dunia dan akhirat hanya diberikan kepadanya. dan setiap malam” Diriwayatkan oleh Muslim.

Di mana mereka yang berdiri di gerbang raja dan orang kaya, menunggu berjam-jam? Untuk kebutuhan yang mereka minta untuk dipenuhi, atau untuk sebagian kecil dari dunia yang mereka harapkan, mereka mungkin menyadarinya, atau mungkin melewatkannya.

Betapa  Pemurah lagi Maha Pemberi, 

Shalat malam adalah salah satu pintunya, dan kedalaman malam terakhir adalah salah satu pintunya yang terluas, dan malam-malam yang saleh ini adalah malam-malam yang terluas untuk rahmat-Nya, pengampunan dan pemberian, dan pada Malam Keputusan tertulis batas waktu, ketentuan, dan jumlah,  Jadi biarkan mereka berada di sana seperti yang Allah SWT perintahkan kepada mereka, di masjid-masjid dan pengasingan mereka, dan mintalah kebutuhan mereka kepada Tuhan mereka.

Dengan melakukan shalat Malam mudah- mudahan Allah SWT, memberilah kepada kita nikmat-Nya, penuhi kamidengan  rahmat-Mu, dan pelihara ubun-ubun kami dengan apa yang diridhai-Mu tentang kami, ya Allah, bantu kami untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu dan untuk beribadah kepada-Mu dengan baik, dan bukakan bagi kami pintu-pintu Doa-doa Anda, dan jadikanlah kami di antara mantan hamba-hamba-Mu yang dekat, dan terimalah dari kami dan di antara kaum Muslimin, Amin, ya Tuhan semesta alam.

Baca Juga Amalan Dihari Jum'at

Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad sebagaimana kamu berdoa kepada Ibrahim....

Amin Yarabbal Alamin.


Post a Comment for "Keutamaan Sholat Tahajud untuk Wanita dan Pria Muslim"