Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Shalat Tahajjud Apakah Harus Tidur dulu | Kabar Komputer

Shalat Tahajjud

Shalat Tahajjud Apakah Harus Tidur Dulu - Dan di antara bangsa-bangsa sebelum kita dimana terdapat  orang-orang yang  saleh yaitu mereka  orang-orang yang setiap saat  membaca ayat-ayat Allah, sementara orang-orang tertidur pulas , maka Allah Yang Maha Tinggi memuji mereka untuk itu. 

Orang-orang yang bangun dari  tempat tidur untuk beribadah kepada Tuhannya, sujud dan berdiri maka Yang Maha kuasa menjanjikan  tempat tinggal surga kepadanya. 

Shalat Tahajjud ?

Shalat Tahajud adalah dari kata kerja lima tindakan dari infinitive ajd, berarti  tahajjud, artinya  kegiatan bangun ditengah malam untuk melakukan shalat sunnat bagi ummat muslim. 

Baca Juga Keutamaan Shalat Tahajjud

Shalat malam sering diperintahkan dalam Al-Qur'an: At-Tur: "Dan dari malam, bertasbihlah kepada-Nya, dan pergilah dari bintang-bintang" (At-Tur: 49).

Dan Yang Maha kuasa memuji orang-orang yang melakukan sholat malam , dengan mengatakan: "Apakah dia orang yang taat di malam hari, sujud dan berdiri, peringatan akhirat dan berharap untuk rahmat Tuhannya" 

Shalat Tahajud jam berapa ?

Mungkin ada diantara kalian yang  merasa ingin sekali melakukan sahalat ini tetapi terasa sangat sulit untuk melakukannya karena harus bangun ditengah malam, dimana waktu tidur yang sangatnyaman untuk terlelap. 

Baca Juga Shalat Tahajjud Berjamaah

Nah Waktu  yang ditetapkan untuk shalat tahajjud yaitu pada saat setelah shalat Isya sampai batas masuknya Shalat Subuh. 

Pembagian waktu shalat Tahajjud ada 3 yaitu

  1. Pukul 20.30 sampai dengan pukul 23.00 yaitu waktu sepertiga pertama diawal malam sampai dengan sebelum fajar.
  2. Pukul 23.00 sampai dengan pukul 01.30 dini hari. Yaitu sepertiga kedua dimalam hari.
  3. Pukul 1.30 sampai dengan akan masuknya waktu shalat subuh. Disepertiga ketiga inilah waktu yang paling baik untuk melakukan shalat Tahajjud.

Shalat Tahajjud Apakah Harus tidur dahulu ?

Ada 2 pendapat ulama tentang pertanyaan ini yaitu, menurut Syekh Ali Jaber  bahwa Shalat Tahajjud boleh dilakukan sebelum tidur, sementara menurut ulama lainnya Shalat Tahajjud harus dilakukan setelah tidur malam, dari kedua pendapat ini sebaiknya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa alangkah baiknya jika kita tidur terlebih dahulu, tetapi jika kita khawatir akan tidak bisa bangun untuk melaksanakannya maka boleh dilakukan sebelum tidur, ini hanya menjaga kemungkinan kita tidur terlelap.

Demikian Shalat Tahajjud Apakah Harus Tidur Dulu - Dengan melakukan shalat Malam mudah- mudahan Allah SWT, memberilah kepada kita nikmat-Nya, penuhi kamidengan  rahmat-Mu, dan pelihara ubun-ubun kami dengan apa yang diridhai-Mu tentang kami, ya Allah, bantu kami untuk mengingat-Mu dan bersyukur kepada-Mu dan untuk beribadah kepada-Mu dengan baik, dan bukakan bagi kami pintu-pintu Doa-doa Anda, dan jadikanlah kami di antara mantan hamba-hamba-Mu yang dekat, dan terimalah dari kami dan di antara kaum Muslimin, Amin.


Penulis  Azzam







Post a Comment for " Shalat Tahajjud Apakah Harus Tidur dulu | Kabar Komputer"