Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Proxy Server dan VPN Sertakan Manfaatnya - Kabar Komputer

 

Pengertian Proxy Server dan VPN sertakan Manfaatnya

Pengertian Proxy Server dan VPN Sertakan Manfaatnya - Kabar Komputer - Dewasa ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan komunikasi yang sangat pesat tak dapat dipungkiri lagi keberadaannya. Kemajuan ini membuat kegiatan manusia menjadi lebih cepat dan efisien. Tentunya, hal ini tidak jauh dari perkembangan internet. Sejak terciptanya, jaringan internet menjadi hal yang penting dalam menjalankan berbagai aspek dalam kehidupan manusia, mulai dari kegiatan perekonomian, politik, akses pendidikan, hingga sebagai media komunikasi yang efektif dan efisien. Pokoknya, mulai dari informasi yang mudah hingga yang sulit sekalipun bisa dengan cepat kita akses menggunakan internet.

Pengertian Proxy Server dan VPN Sertakan Manfaatnya 

Dapat terlihat bahwa semakin kesini, internet juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Pengguna internet juga sudah tak terbatas, dari anak-anak bahkan orang dewasa, terutama para remaja usia sekolah. Mereka menggunakan internet ini sebagai media untuk menghibur diri seperti bermain game dan mengakses pendidikan, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 yang membuat akses pendidikan secara tatap muka dialihkan menjadi Daring (Dalam Jaringan) atau online yang setiap aktivitasnya tentu akan lumpuh tanpa jaringan internet.

Baca Juga Cara Kerja Proxy Server

Pernah berpikir bagaimana saat telah asik bermain game online atau bahkan sudah sangat serius mengerjakan ulangan online tiba-tiba terjadi buffering atau bahkan koneksi internet terputus? Atau ternyata tanpa sadar seseorang mengambil data pribadi kita? Tentunya sangat menyeramkan dan mengesalkan, bukan? Pastinya kita akan mencari cara agar bisa mencegah atau meminimalisirkan hal tadi ‘kan? 

Kalau begitu, yuk masuk ke pembahasan seputar Proxy Server dan Virtual Private Network—Apa itu Proxy Server, manfaat, serta bagaimana Proxy Server dan VPN saling terhubung.

Pengertian Proxy Server

Proxy Server atau yang juga dikenal dengan nama Peladen Proxy adalah server yang dapat mengambil data di internet, seperti halaman website yang diperlukan untuk kepentingan pengguna. Proxy Server inilah yang dapat menjembatani komputer dengan internet. 

Misalnya saat komputer ingin melihat suatu halaman website di internet, pengguna hanya perlu membuka web browser kemudian memasukkan alamatnya lalu mengambil halaman web tersebut dari web servernya. Tetapi, ketika pengguna mengakses web tersebut melalui Server Proxy, Server Proxy inilah yang akan bertindak seperti perantara dan yang akan mengambil halaman web tersebut untuk si pengguna, seperti pengertiannya. Singkatnya, ketika pengguna ingin mengakses sebuah website, Server Proxy menerima permintaan dari komputer pengguna dan selanjutnya halaman web tersebut akan diambil atas nama pengguna dan dikirimkan ke komputer tujuan.

Manfaat Proxy Server

Manfaat Server Proxy antara lain adalah:

1. Privasi—Memungkinkan pengguna untuk mengakses atau menjelajahi internet secara anonim. Karena server ini memiliki kemampuan untuk menyembunyikan alamat IP si pengguna. Karena tanpa menggunakan Server Proxy dan pengguna mengunjungi situs web, maka alamat IP publik si pengguna akan terlihat, sehingga orang-orang tertentu dapat mengetahui situs web yang si pengguna tadi telah kunjungi. Sebaliknya, jika mengunjungi situs web dengan menggunakan Proxy maka IP publik pengguna tadi tak akan diketahui, karena Server Proxy akan mengambil situs web yang diinginkan pengguna dan hanya alamat IP Proxy yang digunakan.

2. Kecepatan—Contohnya, jika suatu perusahaan menggunakan Server Proxy dan pengguna ingin mengakses halaman web, Server Proxy akan mengambil halaman web tadi dari internet atas nama pengguna. Selanjutnya, halaman web itu akan disimpan pada database cache yang terpusat. Jadi jika pengguna lain di komputer berbeda juga ingin mengakses halaman web yang telah disimpan di database tadi, Server Proxy tidak harus keluar ke internet untuk mengambil halaman web lagi, Server Proxy hanya akan mengambilnya dari database dan kemudian mengirimkannya ke pengguna, sehingga pencarian halaman web menjadi lebih cepat.

3. Menghemat Bandwidth—Karena, Server Proxy mengurangi kebutuhan akses keluar ke internet untuk mengambil data karena sudah memiliki data yang disimpan di database tadi.

4. Pencatatan aktivitas—Banyak perusahaan atau lembaga sebagainya yang menggunakan Server Proxy untuk melacak situs web mana saja yang diakses oleh karyawannya. Sehingga ketika karyawan menjelajahi internet, Proxy akan menyimpan catatan web apa yang dikunjungi dan waktu akses situs web tersebut, selain itu perusahaan juga dapat mengakses Proxy untuk memblokir situs web tertentu.

Namun di samping itu semua, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh Proxy server yaitu Server Proxy tidak dapat mengenkripsi data saat menjelajahi internet. Saat data tidak dienkripsi, maka data itu dapat dengan mudah diretas oleh hacker, ISP, atau orang-orang yang tidak memiliki kepentingan dengan menggunakan peralatan yang tepat. 

Maka dari itu, hadirlah peran VPN (Virtual Private Network). VPN ini tidak hanya menyembunyikan alamat IP pengguna, tetapi juga mengenkripsi data yang sedang ditransfer melalui jaringan internet. Jadi setiap aktivitas yang dilakukan di internet, seperti melihat halaman web atau mentransfer file, data pengguna akan dienkripsi dan dirahasiakan saat menggunakan fitur VPN dan tidak ada aktivitas login yang terlibat. VPN menyediakan jalur aman khusus antara dua titik melalui jaringan internet.

Sekian penjelasan terkait apa itu Proxy Server dan hubungannya dengan VPN (Virtual Private Network).


Penulis Meysa Runi TKJ LUTIM 1

pengertian proxy server dan vpn sertakan manfaatnya



Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Pengertian Proxy Server dan VPN Sertakan Manfaatnya - Kabar Komputer "