Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Internet, Cara Kerja dan Komponen Pendukungnya - kabar komputer

Pengertian Internet, Cara Kerja dan Komponen Pendukungnya - kabar komputer

Pengertian Internet, Cara Kerja dan Komponen Pendukungnya - kabar komputer, Internet merupakan teknologi yang saat ini sudah kita gunakan sehari-hari, tapi kebanyakan dari kita mungkin belum mengetahui sebenarnya internet itu apasih?, Dan bagaimana cara kerjanya?

Pengertian Internet, Cara Kerja dan Komponen Pendukungnya

Apa itu internet?

Internet interconnected network, yang artinya adalah jaringan yang saling terhubung. Internet itu merupakan jaringan computer global yang saling terkoneksi satu sama lain menggunakan suatu protocol TCP/IP (Transport Control Protocol/Internet Protocol) sehingga akan dapat mengirimkan informasi antara satu Computer dengan Computer lainnya. Informasi informasi yang dapat di kirim itu jenisnya beragam, mulai dari dokumen hyper teks, aplikasi web, surel (Suratelektronik/email), audio,gambar dan juga Vidio.

Baca Juga TCP/IP

Cara Kerja Internet

Jadi cara kerja internet apabila di coba di jelaskan secara sederhana, adalah proses menyalurkan informasi informasi tersebut melalui router menggunakan Protocol TCP/IP antar Computer yang terhubung dalam jaringan global. Meskipun cara kerja internet sangat sederhana, semuanya itu bisa berjalan dikarenakan berbagai komponen yang ada di dalamnya, yang saling mempengaruhi dan sangat menentukan kelancaran arus informasi antar Computer. 

Beberapa komponen pendukungnya antara lain;

  1. Penyedia Jaringan Internet
  2. Transport Control Protocol Protocol ini sendiri merupakan sekelompok aturan jaringan yang sudah di tetapkan, yang mengatur bagaimana suatu Computer yang dapat saling berkomunikasi melalui jaringan internet.
  3. Router, Router merupakan salah satu komponen terpenting dalam jaringan internet. Router ini berfungsi untuk “mengantarkan” paket paket informasi tersebut ke alamat tujuannya. Tanpa adanya router maka informasi tidak akan bisa terkirim atau tersalurkan.

Sekian Pengertian Internet, Cara Kerja dan Komponen Pendukungnya, bila ada kekurangan di artikel ini saya minta maaf, dan terimakasih semoga artikel bisa bermanfaat.


Penulis Atillah Raihan


Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Pengertian Internet, Cara Kerja dan Komponen Pendukungnya - kabar komputer"