Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Menghentikan Peretas Wifi yang Marak terjadi | kabar komputer

7 cara menghentikan peretas wifi yang marak terjadi

7 cara menghentikan peretas wifi yang marak terjadi - Dengan begitu banyak cara untuk meretas WiFi, apakah mungkin untuk tetap terlindungi dari penyerang anonim yang haus keuntungan? Memang, tetapi itu membutuhkan banyak usaha. Di bawah ini adalah 7 rekomendasi teratas tentang bagaimana cara meningkatkan keamanan jaringan WiFi Anda. 

7 Cara Menghentikan Peretas Wifi yang Marak terjadi

Untuk ke pembahasan pertama bisa langsung simak artikel di bawah ini :

1. Ubah Kredensial Admin Router Anda

Apakah Anda ingat saat router Anda dinyalahkan, dan Anda menjalani prosedur pengaturan awal? Jika demikian, Anda mungkin juga ingat bahwa Anda harus memasukkan login dan kata sandi admin, bukan? Coba kita tebak: nama loginnya adalah "admin", dan kata sandinya juga "admin", benar? Kami pikir begitu. 

Baca Juga Cara Meningkatkan Keamanan Jaringan 

Anda lihat, sebagian besar router memiliki nama login dan kata sandi admin default yang sama, yang berarti bahwa hampir semua orang dapat berjalan langsung ke router Anda, menyambungkannya menggunakan kabel Ethernet biasa, dan mengacaukan pengaturan. Meskipun ini cenderung tidak terjadi pada pengguna rumahan biasa, itu adalah sesuatu yang tidak dapat dianggap enteng oleh pemilik bisnis. Segera setelah Anda bisa, ubah kredensial login default untuk sesuatu yang lebih aman.

2. Siapkan Enkripsi yang Kuat

Enkripsi WiFi adalah pertahanan paling rentan terhadap serangan peretas yang mencari cara meretas sandi WiFi. Komunikasi nirkabel yang tidak terenkripsi dapat ditangkap, dianalisis, dan disalahgunakan. 

Tingkat dasar perlindungan WiFi adalah enkripsi WEP. Meskipun lebih baik daripada tidak sama sekali, ada banyak tutorial online yang mudah diikuti di luar sana yang dapat mengajarkan hampir semua orang cara meretas kata sandi WiFi di jaringan terenkripsi WEP. Anda harus selalu menggunakan setidaknya enkripsi WPA+TKIP. Idealnya, konfigurasikan router Anda untuk menggunakan enkripsi WPA2+AES untuk keamanan ganda.

3. Perbarui Router Anda

Router Anda memiliki sistem operasi kompleks yang tidak kebal terhadap bug perangkat lunak. Bug perangkat lunak yang sangat buruk bahkan dapat memungkinkan peretas dari belahan dunia lain untuk menyusup ke jaringan Anda dari jarak jauh dan mencuri informasi pribadi Anda. 

Sementara sebagian besar router saat ini memperbarui secara otomatis, beberapa mengharuskan Anda untuk memicu proses pembaruan secara manual. Sebaiknya atur pengingat di ponsel cerdas Anda untuk memeriksa pembaruan yang tersedia setidaknya sebulan sekali.

4. Sembunyikan Jaringan WiFi Anda

Nama jaringan WiFi Anda sebenarnya disebut SSID, atau Service Set Identifier. Anda dapat terhubung ke jaringan WiFi meskipun tidak menyiarkan SSID apa pun, tetapi Anda harus mengetahui alamat jaringan. 

Baca Juga Cara Menyembunyikan jaringan WIFI

Dengan demikian, menyembunyikan jaringan WiFi Anda dengan tidak menyiarkan SSID apa pun adalah cara yang efektif untuk mencegah anak-anak tetangga menggunakan jaringan WiFi rumah Anda untuk mengasah keterampilan meretas mereka.

5. Kurangi Jangkauan WiFi Anda

Saya memahami bahwa kebanyakan orang lebih suka memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi mereka daripada menguranginya, tetapi, terkadang, masuk akal juga untuk membatasi jangkauan ke area yang kecil. Jika Anda, misalnya, tinggal di apartemen kecil, tidak ada alasan untuk menyiarkan WiFi Anda di seluruh blok, memberi lebih banyak orang daripada yang diperlukan kesempatan untuk meretasnya. 

Alat analisis WiFi seperti NetSpot dapat membantu Anda menentukan jangkauan jaringan Anda saat ini, dan kemudian Anda dapat mematikan Transmit Power Control di router untuk menyesuaikannya.

6. Aktifkan Pemfilteran MAC 

Setiap perangkat berkemampuan WiFi memiliki pengenal unik yang disebut alamat fisik atau alamat Media Access Control (MAC). Anda dapat mengatur router Anda untuk hanya berkomunikasi dengan alamat MAC tertentu, mencegah orang lain terhubung ke jaringan Anda. 

Perlu diingat bahwa pemfilteran MAC tidak antipeluru karena mudah untuk mengubah alamat MAC di sebagian besar perangkat, membuatnya muncul sebagai perangkat lain.

7. Hindari Jaringan Publik 

Terbuka Senyaman jaringan WiFi publik, Anda harus sangat berhati-hati saat menyambungkannya. Tidak semua jaringan WiFi publik menghormati privasi dan keamanan penggunanya, dan beberapa jaringan publik bahkan mungkin dibuat oleh peretas yang ingin memikat korban yang tidak menaruh curiga untuk mencuri kata sandi dan rekening bank mereka. 

Hanya sambungkan ke jaringan publik yang terverifikasi dan tepercaya dan selalu nonaktifkan sambungan WiFi otomatis.

Itulah 7 Cara Menghentikan Peretas Wifi yang Marak terjadi mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk kalian.


Penulis Rina Mey

Rina


Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "7 Cara Menghentikan Peretas Wifi yang Marak terjadi | kabar komputer"