Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Shalat Berjamaah Malam Pada Bulan Suci Ramadhan | Kabar Komputer

 
keutamaan shalat berjamaah malam

Keutamaan Shalat Berjamaah Malam Pada Bulan Suci RamadhanSegala puji bagi Allah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Dia memberi petunjuk kepada hamba-hamba-Nya siapa saja yang Dia kehendaki untuk berbuat kebaikan, dan untuk memperoleh kebaikan, sehingga usaha mereka dihargai, dan perbuatan mereka dibenarkan. dan saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya; Dia memilih dari hamba-hamba ciptaan-Nya yang meninggalkan dunia untuk orang-orangnya, dan berpaling dengan hati mereka ke akhirat. Tidak ada yang berpuasa seperti puasanya, tidak pula bangun seperti berdirinya, dan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang.

Keutamaan Shalat Berjamaah Malam Pada Bulan Suci Ramadhan

Maka bertakwalah kamu kepada Allah SWT dan taatilah Dia, dan bersyukurlah kepadaNya, dan gantilah sisa-sisa dari apa yang telah kamu lewatkan, dan ketahuilah bahwa beberapa malam ini adalah malam yang terbaik, dan sudah sepatutnya di dalamnya Malam Ketetapan lebih baik dari seribu bulan

Jangan menghalangi dirimu dari berkahnya, dan lakukanlah kebaikan yang kamu miliki di dalamnya. Pahala di dalamnya besar, dan karunia Yang Maha Penyayang adalah besar, dan yang yang paling merugi adalah orang yang mengharamkan kebaikan Allah SWT. 

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkati - Sesungguhnya kami adalah pemberi peringatan  di yang dipisahkan rasa sakitnya” [Al Qalam 3:4].

Baca Juga Shalat Tahajjud Apakah Harus Tidur Dulu

Wahai manusia: Pada malam-malam besar ini, masjid-masjid umat Islam di awal dan akhir malam penuh dengan jamaah: berdiri, berlutut, sujud, membaca Kitab Tuhan mereka, dan mendengarkan ayat-Nya dalam kerendahan hati dan kontemplasi, mengikuti tuntunan Nabi mereka Muhammad SAW, yang telah mengatur bagi mereka shalat Ramadhan berjamaah di masjid-masjid, sebagaimana diwajibkan bagi mereka untuk shalat berjamaah sepanjang tahun di rumah mereka.

Baca Juga Keutamaan Shalat Tahajjud untuk Wanita dan Pria Muslim

Umar Radhiyallahu 'anhu menghidupkan kembali Sunnah Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam dan mengumpulkan orang-orang menjadi imam mereka di bulan Ramadhan. Ramadhan di masjid-masjid, dan mereka memilih sepuluh hari terakhirnya dengan lebih hati-hati dan rajin; Mengikuti teladan Nabi, saw, mereka meningkatkan rakaat shalat, dan memperpanjang qunoot, rukuk dan sujud.

Sholat adalah salah satu amalan fisik yang paling baik, dan salah satu amalan terbaik yang dilakukan seorang muslim karena Tuhannya Yang Maha Perkasa lagi Maha Agung. Jika shalat itu di bulan yang paling baik, lebih besar, lalu bagaimana jika itu di sepuluh hari yang paling baik, dan di waktu yang paling baik, yaitu sepertiga malam terakhir, ketika Tuhan Yang Maha Esa turun, Dia mengampuni. orang yang meminta ampun, menjawab orang yang berdoa, dan memberi kepada orang yang meminta.

Baca Juga  Shalat Sunnat yang dilakukan Nabi Muhammad SAW

Keutamaan bekerja yaitu shalat, keutamaan bulan yaitu Ramadhan, keutamaan sepuluh hari terakhir, dan keutamaan waktu yaitu sepertiga malam terakhir, digabungkan dalam qiyam orang-orang yang diberkahi ini. malam. Dan amal yang mulia dan shaleh ini, yang pada waktu yang paling mulia dan tempat yang paling mulia, dan pada tubuh yang paling mulia, hanyalah untuk Tuhan Yang Maha Esa, yang tidak berhak disembah selain Dia, dan Dia Maha Pemurah lagi Maha Pemurah. Yang Maha Pemurah, yang menyimpan perbendaharaan segala sesuatu, dan Dia memberikan karunia yang besar atas beberapa amalan, lalu bagaimana menurutmu wahai hamba-hamba Allah? tahajud!!

Sholat malam memiliki keutamaan dan manfaat bagi seorang mukmin yang tidak dihitung oleh orang-orang yang melampaui batas, dan tidak terhitung banyaknya, dan salah satu pahalanya yang besar adalah bahwa itu adalah kewajiban di awal Islam, dan Nabi, saw. atas dia, terlibat dengan itu di Mekah, dan ketika hukum Islam belum selesai, dan tidak ada negara didirikan untuk Muslim.

Al-Muzamil? Aku berkata: Ya, dia berkata, Tuhan Yang Mahakuasa menganggap malam pertama Surah ini muncul, Nabi Allah Saw dan para sahabatnya Hula dan membuat kesimpulan dua belas bulan di surga sampai Allah mengungkapkan dalam pengenceran Sura terakhir menjadi malam sukarela setelah haji) Diriwayatkan Muslim.

Namun, qiyaam al-layl, meskipun dipaksakan, bagi umat Islam. Semoga Tuhan Yang Maha Esa Meridhoi dan memudahkan mereka. karena ketidakberdayaan dan kelemahan mereka; Itu tetap menjadi kewajiban bagi Nabi Saw. Untuk memuliakanNya, meningkatkan derajatNya, dan memberikan kepadanya kebajikan perbuatan, karena Tuhan Yang Mahakuasa memilihnya untuk peringkat dan kedudukan tertinggi. 

Surat Al-Isra, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Disapa dengan Shalat Wajib, dan kemudian disapa setelah shalat malam: “Dan dari malam, lakukanlah shalat wajib dengannya sebagai shalat sunnah. untukmu” [Al-Isra: 79] yaitu untuk kepentinganmu, dan ini adalah bukti keistimewaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan mewajibkan shalat malam tanpa umatnya.

Dan Allah SWT tidak memilih untuk penutup para Rasul-Nya kecuali yang lebih baik dan lebih sempurna, dan tidak ada yang dituntut darinya kecuali yang mendekatkannya kepada-Nya, terutama karena Allah SWT telah membenarkan hal ini kepada Nabi-Nya, as. dan berkah, dalam memerintahkan shalat malam kepadanya.

Demikian Keutamaan Shalat Berjamaah Malam Pada Bulan Suci Ramadhan - semoga artikel ini bermanfaat untuk kita, jika ada tulisan yang tidak benar maka kami sebagai penulis memohon maaf.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.




Adly dan Azzam
Adly dan Azzam Mencoba berbuat yang bermanfaat untuk diri dan orang lain

Post a Comment for "Keutamaan Shalat Berjamaah Malam Pada Bulan Suci Ramadhan | Kabar Komputer"